Anak-anak dengan diabetes

Orang tua dengan anak-anak yang mengidap diabetes tidak hanya disibukkan masalah obat diabetes yang tepat untuk dikonsumsi, namun juga harus siap dengan berbagai stereotip terkait diabetes lainnya. Beberapa orang berpikir bahwa anak-anak dengan diabetes tidak dapat bergabung di ulangtahun temannya karena terlalu banyak makanan manis di sana. Padahal jika orangtua mau saling bekerja sama, tidak menjadi masalah bagi anak untuk datang ke pesta ulangtahun temannya dan ikut menikmati pesta seperti anak lainnya. Ditambah lagi dengan rajin mengonsumsi obat diabetes. Anak-anak juga sering bertanya pada temannya apakah mereka akan mati jika memakan gula seolah gula adalah racun bagi diabetesi. Anak lain juga mungkin akan berkata bahwa anak dengan diabetes pasti mengonsumsi terlalu banyak gula di masa kecilnya. Banyak orang berpikir bahwa diabetes disebabkan oleh konsumsi gula terlalu banyak. Ada banyak hal yang harus dilakukan orangtua dalam menangani anak yang memiliki diabetes.

 

Mencari tahu

Sebagai orangtua yang memiliki anak pengidap diabetes harus mulai banyak belajar tentang diabetes dari mana saja, mulai dari tipe diabetes, perawatan hingga obat diabetes yang dianjurkan. Hal ini penting untuk mengurangi rasa takut terhadap penyakit itu sendiri sehingga orangtua tidak segera panik jika dokter menjelaskan tentang kondisi anak.

Libatkan anggota keluarga

Jangan buat anak merasa terasing karena diperlakukan berbeda saat makan bersama. Ajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat dalam pola diet sehat yang diterapkan di rumah. Termasuk dengan membatasi kebiasaan ngemil di malam hari untuk menghindari diabetes. Setiap orang dalam keluarga harus ambil bagian dalam diet tersebut agar anak tidak merasa seorang diri.

Selain mengajak seluruh keluarga untuk ikut dalam program diet, orangtua harus tetap membantu anak untuk mulai memperhatikan kebiasan makannya. Sejak anak didiagnosa diabetes, dunianya akan mulai terbatas. Akan ada makanan yang harus diatur, cemilan yang tidak semua diperbolehkan serta obat diabetes yang rajin diminum. Maka dari itu orangtua harus benar-benar memperhatikan bahwa kebiasaan makan yang baik, sehat dan seimbang tersebut penting untuk menjauhkan kemungkinan terjadinya komplikasi.

Di samping pola makan, ajak anak dan seluruh keluarga untuk mulai berolahraga secara rutin. Karena setelah mengatur pola makan, rajin berolahraga ringan adalah kunci penting dalam program diet diabetes. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup aktifitas yang menyenangkan bagi anak dan keluarga.

Sumber: koriathome.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/6524-2/