Kacang-kacangan

Sebagai salah satu makanan yang direkomendasikan para ahli kesehatan, kacang-kacangan bisa dimanfaatkan untuk obat herbal diabetes alami. Kacang-kacangan bisa dikonsumsi untuk camilan di waktu senggang sehingga tubuh tidak akan cepat merasa lapar namun juga tidak menganggu kesehatan. Hampir semua jenis kacang tidak hanya menyembuhkan sakit diabetes saja, tapi bisa mengatasi penyakit lain termasuk berbagai komplikasinya. Beberapa jenis kacang ini juga sudah bisa didapatkan di Indonesia dan diolah sesuai selera. Memanfaatkan kacang-kacangan sebagai obat herbal diabetes tidak hanya menyembuhkan tapi juga mengenyangkan.

 

Pistachio

obat herbal diabetes

Meskipun jarang ditemui di Indonesia, kacang pistachio bisa sangat bermanfaat untuk pengidap diabetes. Dengan kacang pistachio ternyata dapat membantu mencegah terjadinya diabetes. Konsumsi kacang pistachio secara rutin membantu menurunkan kadar gula darah terutama setelah mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Kacang pistachio membantu tubuh untuk mengurangi penyerapan glukosa dalam darah layaknya obat herbal diabetes. Di samping mencegah diabetes, pitachio juga menjadi makanan yang bisa membantu menjaga berat badan. Pistachio mengandung banyak lemak baik yang larut dalam air dan tidak menyebabkan peningkatan berat badan meskipun dimakan dalam jumlah banyak. Kacang yang satu ini manfaatnya memang sangat banyak seperti mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata serta menutrisi kulit dan memperbaiki kerja sistem pencernaan.

Kacang mete

obat herbal diabetes

Selain pistachio, kacang mete juga banyak memiliki manfaat seperti obat herbal diabetes. Dalam kacang mete terkandung banyak lemak baik yang mencegah tubuh mengalami kenaikan berat badan. Kandungan lemak dalam kacang mete juga jauh lebih sedikit jika dibandingkan kacang almond, kacang tanah dan kacang-kacangan lain. Dalam diet diabetes, konsumsi kacang mete bisa menggantikan camilan manis lain karena kacang-kacangan tidak akan menyebabkan kegemukan. Di sisi lain, konsumsi kacang mete ternyata mencegah katarak, menurunkan tekanan darah dan menaga kesehatan jantung.

Hazelnut

obat herbal diabetes

Kacang lain yang bisa dimanfaatkan untuk obat herbal diabetes adalah kacang hazelnut. Bagi semua program diet, termasuk diet diabetes, kacang hazelnut bisa banyak membantu. Satu genggam kacang hazelnut terkandung 176 kalori, 3 gram serat dan 17 gram lemak. Kandungan lemak yang rendah ini menjadikan hazelnut pilihan terbaik untuk camilan pada jam-jam selingan sebelum makan. Selain membantu program diet karena kandungannya yang tidak menyebabkan kegemukan, hazelnut sekali lagi sangat berperan menjaga kolesterol dalam tubuh dan baik untuk kesehatan jantung. Hazelnut juga kaya akan protein dan mencegah kanker karena memiliki sifat anti-karsinogenik.

Sumber: ibizayogatreat.com

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/6530-2/