KEKUATAN HEBAT BUAH MANGGIS SEBAGAI OBAT DIABETES

Buah manggis

Manggis sudah cukup terkenal belakangan ini sebagai obat diabetes, pencerah kulit hingga salah satu bahan herbal untuk mencegah penyebaran sakit kanker. Buah ini sangat banyak ditemui di Indonesia dan mudah untuk dikonsumsi buahnya. Manfaat buah manggis ternyata memang sangat berlimpah seperti buahnya yang tinggi serat dan rendah kalori serta kayaakan vitamin C. Saat ini buah manggis tidak hanya dimanfaatkan di Indonesiasaja, tetapi sudah banyak diterima di negara lain dalam bentuk suplemen. Selain mengandung vitamin dan mineral penting, ekstrak manggis juga mengandung zat kimia yang disebut xanthone. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat manggis sebagai obat untuk menunjang kesehatan, berikut beberapa manfaat manggis yang didapatkan jika menggunakannya selain sebagai obat diabetes.

 

Melawan kanker

Penelitian tentang manggis banyak difokuskan pada penelitian tentang anti kanker, dan hasilnya sangat memuaskan, manggis disebut sebagai salah satu makanan baik untuk melawan kanker. Buah manggis sendiri mengandung setidaknya 20 macam xanthone yang kebanyakan ditemukan pada kulit dan bijinya. Pada tahun 2008 sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa salah satu zat xanthone dari buah manggis ditemukan memiliki kandungan anti-kanker dalam percobaan pada binatang.

Menurunkan gula darah

Buah manggis adalah obat diabetes yang berguna karena dapat mencegah dan menjaga diabetes tetap dalam kondisi terkontrol karena ekstrak manggis akan menjaga gula darah selalu pada level normal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa manggis mengandung komposisi yang dapat dibandingkan dengan acarbose, atau obat yang biasanya digunakan pada orang berpotensi terkena diabetes tipe 2.

Meningkatkan kesehatan jantung

Selain sebagai obat diabetes, manggis juga mampu mencegah komplikasinya yaitu sakit jantung. Buah manggis ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan zat pemicu stress dan mencegah kurangnya antioksidan dalam tubuh, karena dua faktor ini banyak berperan dalam menyebabkan serangan jantung. Studi yang dilakukan oleh The Centre of Advanced Studies in Botany di University of Madras, India, pada beberapa hewan percobaan menunjukkan bahwa zat alpha-mangostin dalam buah manggis berfungsi sebagai pelindung jantung.

Sumber: draxe.com

 

Baca juga: https://yaconaindonesia.co.id/6619-2/