SEBAGAI OBAT HERBAL UNTUK DIABETES, TEH KUNYIT BISA SEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT LAIN

Teh kunyit

Mungkin sangat jarang terdengar di Indonesia tentng teh kunyit sebagai obat herbal untuk diabetes. Tetapi nyatanya teh kunyit ternyata bisa menyembuhkan diabetes dan berbagai macam penyakit berat lainnya. Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengungkap manfaat dibalik secangkir teh kunyit yang diseduh. Membuat teh dari kunyit sebenarnya cukup mudah, hanya tinggal mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan atau bubuk kunyit ke dalam teh panas. Salah satu bahan aktif dalam kunyit adalah curcumin yang memberinya warna kuning yang khas pada kunyit. Curcumin bermanfaat besar sebagai zat anti-inflamasi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang manfaat teh kunyit untuk menunjang kesehatan termasuk sebagai obat herbal untuk diabetes.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya curcumin berperan untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan zat anti-oksidan, anti-inflamasi, antiviral dan anti-bakterial yang terkandung di dalamnya. Curcumin juga menunjukkan perannya sebagai penggerak sel imun untuk melawan sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

Mengurangi komplikasi jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa curcumin memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung serupa dengan anti-oksidan dan anti-inflamasi. Pada tahun 2012, sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi 4 gram curcumin perhari 3 hari sebelum dan 5 hari setelah operasi jantung akan menurunkan resiko serangan jantung hingga 17 persen.

Mencegah dan menyembuhkan kanker

Manfaat yang paling banyak disebutkan dari curcumin adalah perannya sebagai anti-kanker. Zat anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat dalam curcumin dapat mengurangi resiko sel di dalam tubuh menjadi berbahaya, menurunkan kemungkinan terjadinya mutasi sel serta kanker. Penelitian lain juga membuktikan bahwa zat anti-tumor dalam curcumin membatasi pertumbuhan sel tumor dan penyebarannya menjadi sel kanker.

Membantu mencegah diabetes

Teh kunyit adalah salah satu obat herbal untuk diabetes yang telah banyak digunakan diberbagai tempat meskipun jarang terdengar di Indonesia. Sejumlah yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa curcumin juga memiliki bahan anti-diabetes yang sangat bermanfaat.

Itu tadi sedikit manfaat dari teh kunyit selain menjadi obat herbal untuk diabetes. Penggunaan obat herbal untuk segala macam penyakit memang sedang banyak digemari akhir-akhir ini sehingga menyeduh secangkir teh kunyit tidak akan terasa seperti meminum obat. Teh kunyit memang belum banyak dikenal, tetapi rajin mengonsumsinya ternyata membawa lebih banyak manfaat.

Sumber: medicalnewstoday.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/6647-2/