8 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami8 Cara Menurunkan kadar gula secara alami ini dapat anda lakukan secara mandiri. Namun akan lebih baik lagi apabila anda “bekerja sama” dengan keluarga anda. Selain itu juga, tetap konsultasikan dengan dokter anda. Kuncinya adalah mengerti/pahami permasalahannya, kontrol dan konsisten dalam menjalankan sesuatu. Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh anda tidak dapat secara efektif mengangkut gula dari darah ke dalam sel. Untuk mengetahui mekanisme terjadinya diabetes, dapat dilihat di sini.

Untuk tips tentang menurunkan kadar gula darah kali ini sengaja kami bagi menjadi 2. Yaitu yang berkaitan dengan makanan dan yang tidak berkaitan dengan makanan

8 Cara Menurunkan kadar gula secara alami Non Makanan

Olahraga Teratur

Selain untuk menurunkan berat badan, olahraga secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dimana hal ini berarti sel-sel dalam tubuh anda akan lebih mampu menyerap/menggunakan gula dalam aliran darah menjadi energi.

Lalu jenis olahraga yang seperti apa yang disarankan? Sebenarnya Semua jenis olah raga sama baiknya. Termasuk angkat berat, jalan cepat, berlari, bersepeda, menari, hiking, berenang dan jenis olahraga yang lain. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan fisik kita terlebih dahulu. Jenis olahraga dengan banyak kontak fisik tidak disarankan. Hal ini untuk menghindari luka yang mungkin dapat berbahaya bagi diabetasi. Gunakan juga peralatan yang melindungi diri dari luka seperti sepatu yang “tepat”.

Lakukan sedikit eksperimen pada awal anda melakukan rutinitas olahraga. Selalu cek kadar gula darah anda dan catat segala kegiatan dan jenis olah raga yang anda lakukan setiap harinya. Lakukan analisa terhadap hasil pencatatan tersebut. Jenis olah raga apa yang paling baik untuk anda? Berapa porsi/beban yang paling ideal? Berapa lama waktu yang paling optimal?

Hasil dari pencatatan ini dapat anda gunakan untuk menganalisa. Dan menjawab beberapa pertanyaan di atas. Sehingga dapat membantu anda menentukan jenis olah raga yang anda jalani secara rutin.

Tidur yang berkualitas

8 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Cukup tidur dan “berkualitas” sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Kebiasaan kurang istiraha dapat mempengaruhi kadar gula dan sensitivitas insulin anda. Selain itu, Bergadang meningkatkan nafsu makan anda dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada berat badan anda.

Kurang tidur malam dapat mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar kortisol. Kedua hormone tersebut juga memainkan peran penting dalam pengendalian gula darah.

Jadwalkan waktu istirahat anda dengan baik. Pada intinya, tidur yang berkualitas membantu mempertahankan kontrol gula darah dan meningkatkan berat badan yang sehat. Tidur yang buruk dapat mengganggu hormon metabolisme yang penting untuk kesehatan anda.

Hindari Stress

8 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Tahukah anda bahwa stres ternyata dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda? Semakin anda gelisah mengenai kadar gula anda, semakin tinggi kadar gula anda. Begitu pula sebaliknya. Semakin anda tenang, maka kadar gula anda dapat lebih “mudah” dikontrol.

Selama stress, tubuh anda akan men-sekresikan hormon glukagon dan kortisol. Hormon ini dapat mempengaruhi atau menyebabkan kadar gula darah naik. Berkumpul bersama keluarga merupakan salah satu metode sederhana dalam menghindari stress.

8 Cara Menurunkan kadar gula secara alami Makanan

Kontrol Asupan karbohidrat anda

Tubuh anda memecah karbohidrat yang dicerna menjadi gula. Kemudian insulin mendistribusikan gula tersebut ke dalam sel-sel tubuh anda. Ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal. Kegagalan proses inilah yang menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Anda dapat melakukan 2 alternatif untuk mengontrol asupan karbohidrat. Yang pertama adalah mengurangi jumlah karbohidrat yang anda konsumsi. Dan yang kedua adalah mengganti jenis karbohidrat yang anda konsumsi dengan karbohidrat kompleks. Diet rendah karbohidrat membantu menurunkan kadar gula darah serta mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Dalam jangka panjang, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Rencanakan asupan makanan harian anda. Hitung jumlah karbohidrat yang akan anda konsumsi. Pastikan bahwa rencana asupan harian anda tidak mengandung terlalu banyak karbohidrat.

Ganti asupan karbohidrat anda dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih lama dicerna dalam tubuh, sehingga tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula anda. Konsultasikan menu harian anda dengan ahli gizi untuk memastikan kecukupan. Jumlah kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda, dipengaruhi banyak faktor.

Tingkatkan asupan serat Anda

8 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Ternyata serat mampu memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Hal ini mencegah terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah. Selain itu, cara menurunkan kadar gula dengan diet tinggi serat membantu dalam mengelola diabetes tipe 1. Yaitu dengan meningkatkan kontrol gula darah anda.

Makanan yang tinggi serat termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Asupan harian yang direkomendasikan serat adalah sekitar 25 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk pria. Itu sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori (15).

Minum air dan tetap terhidrasi

8 Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Tahukah anda? Ternyata meminum cukup air dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ternyata meminum cukup air membantu ginjal Anda mengeluarkan kelebihan gula darah anda melalui urin.

Perlu diingat bahwa air dan minuman non-kalori lainnya adalah yang terbaik. minuman yang mengandung gula akan meningkatkan glukosa darah. Juga mendorong berat badan dan meningkatkan risiko diabetes. Pada diabetasi, meminum air yang mengandung gula dapat menyebabkan lonjakan kadar gula.

Usahakan anda selalu dalam keadaan terhidrasi untuk mengontrol kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes.

Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Jumlah dan jenis karbohidrat menentukan bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah anda. Salah satu cara menurunkan kadar gula adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Hal ini telah terbukti mengurangi kadar gula darah jangka panjang. Cara ini dapat diterapkan pada diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Meskipun indeks glikemik makanan merupakan hal yang penting, namun jumlah karbohidrat yang dikonsumsi juga tak kalah penting. Sangat penting untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan mengatur asupan karbohidrat Anda secara keseluruhan. Jadi atur agar mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dan indeks glikemik rendah.

Makanan dengan indeks glikemik rendah termasuk makanan laut, daging, telur, gandum, kacang-kacangan, ubi jalar, jagung, ubi jalar. Sebagian besar buah dan sayuran juga memiliki indeks glikemik rendah.

Konsumsi herbal yang baik untuk diabetes

Ada banyak herbal alami yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Beberapa telah diuji secara ilmiah dan terbukti mampu menjaga kadar gula darah anda. Beberapa orang “merasa” lebih cocok menggunakan herbal A sementara yang lain “merasa” cocok dengan herbal B. Temukan herbal yang cocok dengan anda. Cara menurunkan kadar gula dengan metode ini “lebih aman” dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Namun hal tersebut bergantung pada pendapat masing-masing.

Sebelum menggunakan suatu herbal tertentu, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang herbal tersebut. Khasiat, harga di pasaran, efek samping, dan hal penting lainnya yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda.

Sekian artikel kali ini tentang cara menurunkan kadar gula secara alami.

Semoga bermanfaat.