ATURAN DALAM MENGONSUMSI KARBOHIDRAT BAGI PASIEN DIABETES GESTASIONAL

Mengatur konsumsi karbo

Pasien dengan diabetes gestasional wajib memantau kondisinya tidak hanya terkait konsumsi obat diabetes tetapi juga asupan karbohidrat yang cukup dan aman bagi tubuh. Aturan dalam mengonsumsi karbohidrat yang aman akan dibahas sedikit pada artikel ini.

 

Aturan 1, jumlah yang konsisten

Tubuh manusia sebenarnya dirancang untuk menerima karbohidrat dalam jumlah tertentu pada saat bersamaan. Maka aturan untuk mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang sama setiap waktu membantu tubuh untuk mempersiapkan diri dan memproses karbohidrat tersebut lebih efektif. Untuk mudahnya dapat mengikuti aturan berikut: sarapan 30-45 gram, makan siang 45-60 gram, makan malam 45-60 gram dan snack 15-30 gram untuk satu kali snack.

Selanjutnya tinggal melihat kembali jumlah kandungan karbohidrat dari makanan yang hendak dikonsumsi. Makanan kemasan memiliki daftar kandungan nutrisi yang tertera pada kemasannya. Ada juga buku-buku yang memberi penjelasan kandungan karbohidrat dari setiap makanan sehingga menjadi panduan aman saat pergi belanja. Ada juga aplikasi yang menyediakan daftar jumlah karbohidrat pada makanan. Cara-cara tersebut dapat dipilih untuk menentukan jumlah karbo yang harus dikonsumsi saat makan.

Aturan 2, karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks akan berubah menjadi gula lebih lambat dibandingkan karbohidrat sederhana, itu mengapa karbohidrat kompleks sebaiknya dipilih lebih dulu dibanding karbo sederhana.

Karbohidrat kompleks terdiri dari produk gandum utuh, sayuran dengan tepung, kacang dan polong-polongan serta sayuran tanpa tepung.

Sedangkan karbohidrat sederhana terdiri dari pasta, roti putih, buah, susu, permen, jus buah, sirup dan minuman dengan pemanis. Meski buah termasuk dalam daftar karbohidrat sederhana, buah sebaiknya tetap dikonsumsi pasien diabetes gestasional karena buah mengandung vitamin dan mineral penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk amannya sebaiknya tetap ikuti aturan pertama yaitu dikonsumsi dalam jumlah yang sama setiap hari dan tambahkan protein ke dalamnya.

Aturan 3, protein

Karbohidrat menaikan gula darah dengan cepat, tetapi kehadiran protein akan membantunya tidak naik mendadak terlalu tinggi. Konsumsi apel dengan olesan selai kacang akan lebih aman dibandingkan konsumsi sebutir apel begitu saja. Selama karbohidrat dikonsumsi bersama protein, gula darah terjaga lebih stabil dibandingkan karbohidrat sendiri.

Selama pasien diabetes gestasional mengikuti aturan tersebut, dijamin kondisi diabetes gestasional dapat lebih terkontrol dan tidak membahayakan tubuh serta bayi dalam kandungan. Terkadang diet saja tidak cukup, perlu adanya aturan mengenai bagaimana konsumsi makanan dengan tepat.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/apa-saja-herbal-tea-yang-bisa-menjadi-obat-diabetes/