BAGAIMANA MENGURANGI A1C DIABETES DENGAN SELAIN DENGAN OBAT

Untuk membuat obat diabetes bekerja lebih efektif, pasien diabetes perlu untuk memperhatikan kadar A1c dalam tubuhnya. Kadar A1c yang terlalu tinggi dan sulit dikendalikan akan membuat pasien frustasi dan malah membuat kondisinya semakin parah. A1c adalah hasil tes darah yang menunjukan kadar gula dalam darah selama 2-3 bulan sebelumnya. Kenaikan A1c tentu saja bersumber dari gula atau karbohidrat yang dikonsumsi.

Ketika glukosa  masuk ke dalam tubuh terjadi proses glycosylation dimana gula terikat dengan hemoglobin. Rata-rata sel darah merah bertahan selama 3 bulan. Lalu apa yang menjadi perhatian dengan dilakukannya tes ini? Untuk melihat berapa banyak konsumsi  karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Pasien diabetes mungkin memanfaatkan obat untuk membantu menurunkan kadar gula darahnya. Namun tanpa didukung dengan kombinasi yang tepat maka obat diabetes tidak bisa membantu banyak untuk menurunkan kadar A1c dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menurunkan kadar A1c dengan lebih efektif.

 

Mengurangi karbohidrat

Ketika gula dan karbohidrat sangat mempengaruhi A1c, maka hal paling masuk akal untuk dilakukan adalah mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh. Selain mengurangi konsumsinya sebaiknya pasien diabetes juga lebih memperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi dengan lebih baik.

Makan whole food

Maksudnya di sini adalah mengurangi konsumsi makanan yang melalui proses pengolahan panjang atau makanan dalam kemasan karena sebagian besar makanan tersebut telah kehilangan nutrisinya dan yang tersisa hanya ampasnya.

Prinsip makanan sehat bagi pasien diabetes adalah sebisa mungkin mengonsumsi sumber makanan alami, bahan makanan dalam bentuk utuhnya. Tidak hanya makanan, banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi obat diabetes dari bahan herbal alami yang lebih aman. Hal ini penting karena cara ini tidak hanya efektif dalam menurunkan kadar A1c tetapi juga mengurangi inflamasi dan masalah metabolisme.

Makan sayur

Makan lebih banyak sayuran terutama yang tumbuh di atas tanah seperti timun, lettuce, bayam, tomat, buncis, Brussels sprout, kubis, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan. Sayuran mengandung mineral, vitamin, polyphenol dan komponen lain yang akan sangat membantu mengurangi gula darah, A1c, dan inflamasi.

Mulai pelan-pelan

Tidak perlu untuk langsung menghentikan seluruh konsumsinya, cukup dengan menguranginya perlahan-lahan sampai mulai tubuh mulai terbiasa.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/tanpa-obat-yang-tepat-resiko-komplikasi-diabetes-ini-semakin-meningkat-ii/