CARA AGAR PASIEN DIABETES BISA MERAWAT DIRI SENDIRI SELAIN DENGAN OBAT

Pasien diabetes tidak harus selalu bergantung dengan obat atau orang lain yang ada di sekitarnya. Ada beberapa cara bagi pasien diabetes tipe 2 untuk merawat dirinya sendiri selain dengan obat. Sebenarnya self-care untuk pasien diabetes ini sudah banyak dibicarakan sebelumnya tapi sering dilupakan. Lalu apa sih pentingnya untuk mulai merawat diri sendiri bagi pasien diabetes tipe 2? Pasien diabetes sebisa mungkin menjaga kondisi dirinya mengingat diabetes sangat rentan menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya. Pasien sendiri yang bisa merasakan kejanggalan pada tubuhnya sehingga daripada hanya bergantung pada obat dan bantuan orang sekitar lebih baik mulai dulu dengan self-care sederhana sehari-hari.

 

Self-care untuk pasien diabetes tipe 2

Pertama-tama jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman sehat setiap hari. Ada banyak sekali daftar makanan dan minum yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes. Namun pada intinya untuk hidup lebih sehat sebaiknya diperbanyak dengan mengonsumsi buah dan sayuran serta menghindari makanan yang telah melewati berbagai proses pengolahan, makanan tinggi gula dan soda.

Selalu awasi asupan makanan, air putih, kadar gula darah serta tingkat stress sehari-hari. Kenapa harus selalu diawasi? Terkadang kenaikan gula darah bisa datang dari stress atau karena mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang tepat. Dengan mengawasi keempat hal ini akan mudah untuk menentukan hal apa yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kadar gula darah dan apa yang bisa dinikmati tanpa mempengaruhi kadar gula darah. Selain obat diabetes, emosi yang stabil, makanan sehat dan air putih adalah kunci menjaga gula darah tetap stabil.

Berikutnya adalah tidur yang cukup. Jika merasa sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil segera periksa kondisi gula darah untuk memastikan apakah kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga tidak merembet membahayakan nyawa.

Selanjutnya adalah selalu cek kondisi kaki setiap hari. Kaki adalah bagian yang paling sering mengalami mati rasa sekaligus terluka karena goresan. Luka goresan tersebut bisa berbahaya karena pasien diabetes akan sangat lama dalam menyembuhkan luka dan luka bisa membusuk jika tidak dibersihkan dengan teliti. Memeriksa kaki setiap hari adalah kewajiban bagi pasien diabetes.

Jangan lupakan untuk olahraga rutin dan gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman untuk olahraga. Olahraga tidak harus berat seperti pergi ke gym, cukup dengan jalan kaki atau naik turun tangga saja.

Nah, jangan pernah lupakan untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat atau lewat kelompok sesama pasien diabetes. Untuk apa? Karena dengan bergabung bersama orang-orang dengan kondisi yang sama maka akan lebih mudah untuk belajar hal-hal baru yang membantu proses penyembuhan. Keluarga terdekat juga adalah support terbesar dalam masalah ini. Dengan keluarga terdekat hal-hal sederhana seperti diet ketat dan kebiasaan olahraga rutin akan terasa lebih ringan.

Terakhir, jangan lupa untuk tetap mencintai diri sendiri. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa stress dapat memicu kenaikan gula darah, maka mencintai diri sendiri dengan segala kondisinya adalah solusi untuk mengendalikan stress. Memang tidak mudah menjalani hidup dengan diabetes tapi bukan berarti harus dibawa stress tentang semua hal terkait diabetes.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/istilah-istilah-paling-umum-dalam-penyakit-diabetes-selain-obat/