DAPATKAH DIABETES MEMANFAATKAN MADU SEBAGAI OBAT HERBAL DIABETES?

Madu untuk obat herbal diabetes

Beberapa orang masih mempertanyakan pemanfaatan madu sebagai obat herbal diabetes atau sebagai pengganti gula pasir yang biasa digunakan. Orang-orang yang memiliki diabetes sangat waspada terhadap penggunaan gula berserta pemanis lainnya. Mereka kemudian mengasumsikan madu termasuk yang harus dihindari dalam menu diet pasien diabetes.

Madu sebenarnya adalah pemanis alami yang mengandung nutrisi dan asam amino yang bekerja m untuk mengelola sistem metabolisme tubuh. Ditambah lagi madu memiliki indeks glikemik rendah jika dibandingkan dengan gula pasir yang berarti mdu tidak akan cepat berubah menjadi lemak sebagai gula olahan lain. Madu ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah dan berperan sebagai obat herbal diabetes.

Di sisi lain, gula pasir memiliki kekurangan pada sejumlah nutrisi penting di dalamnya. Maka jika pasien diabetes mengonsumsi gula pasir, sejumlah vitamin dan mineral dalam tubuh akan dimanfaatkan untuk menyerap hasil pengolahan gula tersebut. Terlalu banyak gula akan mengakibatkan pembengkakan pada liver dan berubah menjadi lemak yang meningkatkan kadar gula darah.

Maka jika ditanyakan apakah diabetes dapat memanfaatkan madu sebagai pengganti gula dan obat herbal diabetes, jawabannya tentu saja bisa. Lalu bagaimana memanfaatkan madu tersebut agar tidak bosan ketika harus mengonsumsi menjadi obat herbal diabetes setiap hari? Berikut akan ada sedikit resep madu yang bisa dicoba.

 

Madu dan kayu manis untuk diabetes

Resep obat herbal diabetes berbahan madu dan kayu manis adalah yang paling populer karena mengombinasikan dua bahan bermanfaat sekaligus. Selain mengelola kadar gula darah, madu dan kayu manis membantu meningkatkan metabolisme, menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan.

Bahan:

1 sendok teh madu murni

1 sendok teh kayu manis bubuk

250 ml air mendidih

Cara membuat:

Masukkan kayu manis ke dalam segelas air mendidih lalu biarkan hingga larut kira-kira satu setengah jam.

Saring campuran tersebut untuk mencegah adanya sisa-sisa kotoran yang ada pada campuran tadi. Setelah itu tambahkan satu sendok teh madu ke dalam campuran air madu dan aduk hingga tercampur sempurn. Minum setiap pagi selama dua minggu dalam keadaan perut kosong. Untuk hasil yang terbaik beri jarak setengah jam antara minuman dengan sarapan.

Sumber: stylecraze.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/pentingnya-obat-diabetes-dan-kontrol-gula-darah/