DIET DAN KONSUMSI OBAT DIABETES, TIPS UNTUK MELAWAN KEINGINAN MAKAN DAN MENCARI GULA

Menurunkan berat badan lebih efektif

Obat diabetes memang dapat membantu mengontrol gula darah, tetapi para ahli menyebutkan bahwa diet adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Kadang orang dengan diabetes meskipun telah mengonsumsi obat diabetes tetapi rasanya lebih sulit ketika harus menghentikan kebiasaan makan dan mencari makanan manis. Cara terbaik untuk mengontrol diabetes memang harus dengan mengurangi berat badan karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan masih banyak lagi. Maka penting sekali untuk mulai melakukan diet pengurangan berat badan. Berikut ini adalah beberapa tips agar diet berhasil.

 

Perbanyak minum air putih

Biasanya terjadi kebingunan antara keinginan untuk makan dan rasa haus. Maka para ahli nutrisi menyarankan untuk meminum segelas air ketika tiba-tiba keinginan untuk makan muncul dan tunggu selama beberapa menit. Setelah beberapa menit tubuh biasanya akan lupa untuk merasa lapar karena sebenarnya tubuh hanya kehausan. Meminum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan serta membantu menurunkan berat badan. Jadi jangan minum air hanya saat mengosumsi obat diabetes, perbanyak konsumsi air putih dalam sehari.

Tidur cukup

Tidak tidur cukup membuat kondisi hormone menjadi kacau dan memberi tahu tubuh bahwa perut dalam keadaan lapar. Rasa lapar dipicu karena hormone tersebut maka tidur yang cukup akan menghentikan lonjakan hormone dan meredam keinginan untuk makan.

Makan protein

Menambahkan protein ekstra pada menu diet sehari-hari membantu mencegah timbulnya rasa lapar. Ahli nutrisi menyebutkan bahwa memakan lebih banyak protein mengurangi rasa lapar dan mencegah diri untuk makan terlalu berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bagaimana pria yang mengonsumsi 25 persen protein sehari mengalami penurunan keinginan untuk makan sebesar 60 persen dan keinginan untuk ngemil malam 50 persen.

Mengatur makan

Membuat pengaturan makan sama pentingnya dengan mengatur jadwal mengonsumsi obat diabetes. Buatlah jadwal makan untuk satu minggu ke depan untuk menghindari acara makan spontan dan tidak penting. Mengetahui apa yang akan dimakan hari ini membantu menahan keinginan untuk tergoda pada makanan lain.

Menghindari stress

Stress selalu menjadi pemicu keinginan makan lebih banyak terutama gula terutama pada wanita. Stress dapat meningkatkan kadar kortisol dalam darah yang mendorong peningkatan berat badan terutama di area perut.

Sumber: express.co.uk

 

Baca juga: https://yakon.co.id/manfaat-luar-biasa-royal-jelly-dari-obat-diabetes-herbal-alami-sampai-obat-kolesterol-herbal-alami/