FLU DAN DIABETES, PENYAKIT YANG BUTUH OBAT SEGERA

Diabetes adalah penyakit yang butuh obat segera karena jika tidak segera ditangani diabetes akan menimbulkan berbagai masalah komplikasi masalah kesehatan yang serius. Bahkan masalah sekecil flu juga tidak boleh diabaikan oleh pasien diabetes, jika perlu segera minta obat dan penangan dari dokter. Flu untuk pasien diabetes akan meningkatkan resiko komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan. bagi orang biasa flu mungkin bisa sembuh dalam beberapa minggu, tapi bagi pasien diabetes efeknya lebih parah. Menurut Diabetes UK, flu pada pasien diabetes akan membuat gula darah semakin meningkat.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika pasien diabetes terserang flu?

 

Flu dan diabetes

Pada pasien diabetes flu akan membuat gula darah meningkat pesat dan jika tidak menyasar gula darah, maka flu akan meningkatkan resiko tubuh mengalami komplikasi berbagai penyakit.Ketika tubuh mulai merasa tidak nyaman, terutama di musim hujan dan ketika perubahan cuaca tidak menentu, jangan menunggu lama untuk pergi ke dokter. Pergi ke dokter atau fasilitas kesehatan lain dan minta obat yang bisa digunakan pasien diabetes untuk mengatasi flu. Tidak semua obat mungkin cocok untuk pasien diabetes yang sedang flu.

Pada saat tubuh mulai merasa tidak nyaman sebaiknya kurangi mengonsumsi SGLT2 inhabitor, tetapi tetap lanjutkan metode pengobatan lain untuk diabetes terutama obat diabetes yang telah disarankan dokter. SGLT2 inhabitor mengurangi jumlah glukosa yang yang diserap oleh ginjal sehingga dilepaskan ke urin yang sekaligus mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Flu sendiri dapat menyebabkan gula darah naik sehingga pasien diabetes disarankan untuk lebih rajin mengecek gula darah dibandingkan biasanya.

Jaga kondisi lingkungan sekitar tetap hangat. Gunakan jaket atau pastikan suhu di dalam ruangan tidak terlalu dingin. Kondisi semacam ini dapat membuat pasien diabetes lebih mudah terserang flu. Jangan lupa untuk terus meminum air, tubuh harus mendapat cukup asupan cairan dan makanan meskipun biasanya tidak berselera makan. Beberapa obat butuh asupan makanan rutin untuk bekerja lebih maksimal.

Jika gejala flu ternyata tidak segera membaik segera temui dokter ahli. Menunggu hingga waktunya tepat akan memperparah kondisi kesehatan.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/minuman-untuk-pasien-diabetes-dari-obat-herbal/