HERBAL UNTUK OBAT DIABETES DAN MENCEGAHNYA

Ada banyak obat diabetes herbal yang mulai masuk ke pasaran dengan tujuan membantu menyehatkan pasien diabetes dengan resiko seminimal mungkin. Resep untuk obat diabetes herbal sendiri memang beragam dan bisa berasal dari herbal apapun. Karena ada begitu banyak herbal yang bisa dijadikan obat diabetes, maka ini beberapa contoh tanaman herbal yang kerap digunakan sebagai obat diabetes atau pencegahan diabetes.

 

Gymnema sylvestre

obat herbal diabetes

Tanaman ini berasal bahasa Hindi yang artinya “penghancur gula” dan disebutkan dapat mengurangi kemampuan merasakan manis. Gymnema sylvestre mendapat gelar sebagai herbal paling kuat untuk mengontrol dan menjadi obat diabetes. Konsumsi gymnema sylvestre meningkatkan aktifitas enzim yang akan membantu sel untuk menggunakan glukosa atau dengan mendorong produksi insulin. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut tentang efek sampingnya, gymnema sylvestre sejauh ini diketahui tidak memiliki efek samping.

Pare

obat herbal untuk diabetes

Pare sendiri banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal diabetes karena dapat membantu sel menggunakan glukosa dengan lebih efektif dan menghalangi penyerapan gula oleh tubuh. Ketika sebuah penelitian di Filipina dilakukan dengan meminta sekelompok pria dan wanita mengonsumsi pil pare selama 3 bulan, hasilnya mereka mengalami penurunan gula darah secara konstan meski hanya sedikit.

Bilberry

Masih satu saudara dengan blueberry, herbal yang satu ini juga kaya antioksidan baik pada buah atau pada daunnya. Antioksidan ini dikenal dengan nama anthocyanidin, yang bertugas mencegah kerusakan pada pembuluh darah kecil yang berhubungan dengan nyeri saraf dan diabetes retinopathy. Penelitian yang dilakukan pada bintang juga menunjukan bahwa bilberry dapat menurunkan gula darah.

Prickly pear cactus

obat herbal untuk diabetes

Meskipun jarang ditemui di Indonesia, tetapi buah yang berasal dari kaktus ini telah diuji dalam beberapa penelitian kecil untuk melihat kemampuannya menurunkan gula darah. Buah ini sendiri bisa menurunkan gula darah karena di dalamnya terkandung komponen yang mirip dengan insulin. Meski aneh tetapi buah ini juga kaya akan serat.

Fenugreek

obat diabetes herbal

Sering digunakan dalam berbagai resep masakan India, fenugreek memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah, meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan kolesterol tinggi. hasil ini ditemukan setelah sejumlah penelitian dilakukan terhadap hewan percobaan. Para peneliti berpendapat bahwa kemampuan ini didapat karena fenugreek memiliki kandungan serat yang tinggi. biji-bijian fenugreek juga mengandung asam amino yang yang mendorong keluarnya insulin. Dalam penelitian tentang fenugreek, 60 orang yang mengonsumsi 25 gram fenugreek sehari ternyata menunjukan perubahan yang lebih signifikan terhadap kontrol gula darahnya dan gula darah setelah makan.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/makanan-penurun-gula-darah-seperti-obat-diabetes/