Manfaat pare sebagai obat herbal diabetes alami

Tanaman pare ini sangat terkenal di masyarakat bagi pedesaan maupun yang tinggal di kota. Meskipun rasanya pahit, tapi tanaman ini kerap disajikan di dalam berbagai masakan, entah hanya direbus atau dimasak menjadi sayur. Namun dibalik rasanya yang pahit tersebut, ternyata pare memiliki khasiat sebagai obat herbal diabetes alami yang ampuh menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya diabetes, pare ternyata bunya segudang manfaat untuk kesehatan lain, kecantikan, bahkan bermanfaat pula untuk ibu menyusui. Meskipun kaya manfaat, pare ternyata juga harus dibatasi konsumsinya karena memiliki beberapa resiko. Mari melihat beberapa manfaat dan resiko dari konsumsi pare untuk kesehatan.

 

Diabetes

Diabetes pada intinya adalah penyakit dimana pankreas tidak lagi bekerja untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk menetralkan gula darah. Dalam buah pare terkandung senyawa charntin yaitu peptide yang menyerupai insulin dan alkolid. Senyawa charntin ini dapat bekerja sebagai pengontrol kadar gula darah seperti peran insulin dalam tubuh, maka dari itu, pare sangat bermanfaat sebagai obat herbal diabetes alami. Pare dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur atau direbus.

Namun, pare bersifat hipoglikemik sehingga pengidap diabetes akan mengalami kondisi dimana gula darah justru berada dibawah batas normal. Jadi sebaiknya pare tidak dikonsumsi bersama obat diabetes lain.

 

Ibu hamil dan menyusui

Meskipun memiliki banyak nutrsi, pare tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Dalam pare terdapat senyawa kina yang bisa membahayakan kehamilan, menyebabkan terjadinya penyusutan Rahim yang akhirnya mengakibatkan keguguran. Meskipun kandungan kina dalam pare tidak banyak sebaiknya tetap dihindari konsumsi pare bagi ibu hamil.

Sebaliknya, bagi ibu menyusui pare dapat meningkatkan produksi ASI karena pare mengandung senyawa baik seperti vitamin K, likopen, fitokimia, dan anti oksidan. Demi kelancaran ASI, banyak orang menyarankan seorang ibu hamil untuk mengonsumsi pare dengan cara di jadikan jus atau sebagai sayuran.

 

Kecantikan

Selain menjadi obat herbal diabetes alami, bagi kecantikan wanita, pare dapat berperan banyak karena memiliki kandungan serat rendah kalori dan anti oksidan. Pare dapat menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Pare juga dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat karena mengandung beta-karoten dan antioksidan yang mampu merawat kulit serta mencegah efek radiasi ultraviolet.

Sumber: herbalogi.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/buah-obat-diabetes-ampuh/