JARANG DIKENAL HERBAL TEA INI POTENSIAL JADI OBAT DIABETES

Sebelumnya telah dibahas bagaimana herbal tea sangat bermanfaat sebagai obat diabetes yang aman serta menyehatkan tubuh. Herbal tea memang memiliki banyak kandungan lain sebagai minuman kesehatan sekaligus obat diabetes sehingga resep herbal tea sendiri banyak resepnya. Mulai dari yang cukup sering dicoba seperti peppermint tea, serai, chamomile atau cinnamon, sampai yang jarang terdengar seperti hibiscus tea atau rooibos. Meski jarang terdengar bukan berarti herbal tea ini tidak bisa dicoba. Beberapa resep herbal tea ini bisa dijadikan obat diabetes meskipun jarang ketemu di sekitar kita.

 

Rooibos tea

Jarang mendengar nama herbal tea yang satu ini? Rooibos tea adalah salah satu minuman dengan kekuatan paling besar untuk mengurangi inflamasi dan mengurangi oksidasi. Herbal tea satu ini bagus sebagai obat pasien diabetes atau mereka yang menuju diabetes.

Sama seperti green tea, rooibos juga mengandung flavonoid dan polyphenol dalam jumlah tinggi atau berkisar antara 209.1 ug/mg, sementara green tea mengandung 200.8 ug/mg. Herbal tea yang satu ini sangat efektif untuk membantu mencegah kerusakan DNA dan inflamasi yang terjadi akibat adanya bahan antioksidan dan kandungan inilah yang paling penting untuk menjaga kesehatan. Kandungan ini juga yang akan mencegah pertumbuhan kanker sekaligus proses penyembuhannya.

Rasa teh ini sendiri sama seperti teh biasanya, hanya saja tanpa caffeine di dalamnya.

Hibiscus tea

Herbal tea yang satu ini terkenal karena rasanya yang asam. Meskipun rasanya agak sama tetapi sangat efektif jika digunakan oleh pasien dengan diabetes tipe 2. Hibiscus tea mampu menurunkan tekanan darah rata-rata 21.7 mmHg jika rutin dikonsumsi selama 1 bulan. Beberapa pengujian juga menunjukan bahwa hibiscus tea mempengaruhi pada penurunan systolic dan diastole untuk pasien dengan tekanan darah tinggi. hibiscus tea juga ternyata dapat membawa pengaruh positif terhadap resistensi insulin, sama seperti meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.

Licorice tea

Liver adalah organ yang bekerja paling sering terlewat oleh pasien diabetes, padalah organ ini akan berperan penting pada sistem metabolisme.

Herbal tea dari licorice sendiri mengandung beragam komponen yang bagus untuk meningkatkan metabolisme pada liver serta mengelola kesehatan jaringan tissue pada liver. Komponen yang dimaksud adalah gladbridin yang setelah melewati beberapa penelitian pada hewan menunjukan kemampuan untuk menurunkan gula darah.

Beberapa herbal tea tidak populer ini mungkin bisa dimanfaatkan sebagai pendamping obat diabetes. berasal dari daun teh dan campuran tanaman herbal membuat daftar herbal tea ini layak dicoba.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/bagaimana-mengurangi-a1c-diabetes-dengan-selain-dengan-obat/