KEBAIKAN BAGI KESEHATAN DARI KACANG-KACANGAN YANG TIDAK HANYA BERMANFAAT SEBAGAI OBAT HERBAL DIABETES ALAMI

Memanfaatkan kacang-kacangan

Pengidap diabetes tidak hanya membutuhkan obat herbal diabetes alami yang mampu menjaga kesehatan dengan minim resiko. Tetapi tubuh juga butuh nutrisi penting dari makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Makanan sehat tersebut terdiri dari berbagai macam nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Salah satu bahan makanan yang baik dan banyak disarankan untuk pengidap diabetes adalah kacang-kacangan. Secara teknis, kacang-kacangan termasuk jenis buah-buahan yang tidak manis namun mengandung lemak tinggi. Kandungan manfaat kacang yang tinggi ini yang menyebabkan kacang tidak hanya berperan penting sebagai obat herbal diabetes alami semata, namun sebagai makanan kesehatan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

 

Antioksidan tinggi

Manfaat kacang terbaik dari kacang adalah kandungan antioksidannya yang berlimpah. Antioksidan membantu tubuh membentengi diri dari berbagai penyakit akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, stress, polusi dan banyak lagi. Radikal bebas memiliki pengaruh besar terhadap sistem imun tubuh karena radikal bebas yang terlalu berlebih akan mengakibatkan kerusakan pada sel tubuh.

Penelitian menunjukkan kacang walnut dan almond dapat melindungi lemak pada sel dari kerusakan akibat proses oksidasi. Sementara studi lain mengatakan bahwa dua hingga delapan jam setelah mengonsumsi kacang pikan, pasien mengalami penurunan level kolesterol hingga 26-33%. Selain berperan sebagai obat diabetes herbal alami, kacang adalah obat alami untuk mencegah penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Kacang mungkin makanan yang tinggi kalori, tetapi sejumlah ahli mengatakan bahwa makanan ini dapat membantu diet penurunan berat badan. Almond adalah kacang yang menunjukkan pengaruh paling besar terhadap penurunan berat badan dibanding menaikkannya. Studi lain menunjukkan pistachio juga membantu mengurangi berat badan seseorang.

Menurunkan kolesterol dan triglyceride

Di samping sebagai obat diabetes herbal alami, kacang membantu tubuh mengontrol jumlah kolesterol dan triglyceride. Pistachio adalah yang menunjukkan pengaruh paling besar dalam menurunkan triglyceride pada pasien obesitas dan diabetes. Kacang juga memiliki kandungan monounsaturated dan asam lemak polyunsaturated yang diyakini sebagai bahan untuk menurunkan kolesterol. Almond dan hazelnut adalah yang paling mampu mengurangi jumlah kolesterol total dan kolesterol LDL bersamaan dengan meningkatnya level kolesterol baik HDL.

Sumber: healthline.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/dampak-buruk-diabetes-jika-tidak-dikontrol-dengan-obat-diabetes-yang-tepat/