KEMAMPUAN HEBAT MINYAK KELAPA BISA UNTUK OBAT DIABETES

Minyak kelapa ternyata memiliki beragam fungsi mulai dari untuk bahan meningkatkan kecantikan sampai berperan untuk obat diabetes. Yang dimaksud dengan minyak kelapa tentu saja adalah minyak kelapa organic, cold-pressed coconut oil atau extra-virgin coconut oil. Kenapa? Karena pada minyak kelapa organic, cold-pressed coconut oil dan extra-virgin coconut oil terkandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, MCT (medium-chain triglycerides), lauric acids, caprylic acid dan capric acid. Manfaat minyak kelapa sendiri sebenarnya bisa sangat beragam meskipun kerap kali hanya digunakan sebagai minyak untuk memasak atau kecantikan saja. Nah, beberapa manfaat dari minyak kelapa, termasuk manfaatnya sebagai obat diabetes akan dibahas pada artikel ini. Bagi pasien diabetes minyak kelapa termasuk obat yang lengkap karena tidak hanya berguna untuk diabetes itu sendiri sekaligus membawa manfaat kesehatan lain bagi tubuh.

 

Minyak kelapa untuk kecantikan

Minyak kelapa adalah skincare yang cukup ampuh karena MCT dalam minyak kelapa adalah pemberi kelembapan alami untuk kulit. Nutrisi penting dari minyak kelapa akan meresap ke dalan kulit dan melembabkannya dari dalam. Minyak kelapa juga akan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan radikal bebas yang semakin buruk akhir-akhir ini. Rutin menggunakan minyak kelapa sebagai skincare juga mencegah terjadinya penuaan dini, mengobati eczema, hingga melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain kulit minyak kelapa juga jadi bahan untuk perawatan rambut. Menggunakan minyak kelapa adalah salah satu cara terbaik untuk menyediakan nutrisi bagi rambut. Asam lemak yang ada dalam minyak kelapa akan meresap ke dalam kulit kepala dan memberi rambut nutrisi alami dari dalam, menyediakan beragam protein, menghilangkan ketombe dan menumbuhkan rambut. Banyak orang menggunakannya sebagai conditioner.

Diabetes

Minyak kelapa dapat berperan sebagai obat diabetes karena membantu meningkatkan sensitifitas insulin dan toleransi glukosa setelah lewat beberapa waktu dengan begitu kadar gula darah akan dapat lebih terkendali. Dengan minyak kelapa resiko pasien diabetes mengalami resistensi insulin juga jadi lebih kecil. Dan bagi beberapa orang minyak kelapa adalah obat untuk mencegah diabetes tipe 2.

Berat badan

Pasien diabetes terutama harus sangat perhatian terhadap berat badannya. Minyak kelapa memiliki asam lemak yang dapat menghancurkan candida yang memicu kenaikan berat badan, keinginan untuk makan karbohidrat dan pusing-pusing. Dengan minyak kelapa sangat mudah untuk dicerna dan membantu mengubah bahan makanan menjadi energi, yang artinya juga mempercepat metabolisme dan membakar simpanan lemak lebih efektif.

Imunitas dan infeksi

Lemak larut dari minyak kelapa mengandung antibacterial, zat anti-viral, anti-fungal dan anti-parasitic yang bisa menguatkan sistem imun dalam tubuh. Karena itu orang-orang yang rutin menggunakan minyak kelapa akan lebih sedikit kemungkinannya untuk jatuh sakit.

Lauric acid dalam minyak kelapa biasanya umum juga ditemukan dalam ASI. Lauric acid ini nantinya akan berubah menjadi monolaurin begitu masuk dalam tubuh. Kandung tersebut dapat bakteri dan infeksi seperti measles, influenza, hepatitis C hingga HIV. Minyak kelapa juga dapat mengatasi penyakit kaki atlet yang sering mengganggu untuk beberapa orang.

Pencernaan

Menggunakan minyak kelapa sangat baik untuk pencernaan. Kenapa? Karena molekul MCT yang sangat kecil dapat dengan mudah dicerna dengan sedikit residu pada pankreas atau sistem pencernaan lain. Orang-orang yang memiliki diabetes dan obesitas akan sangat diuntungkan dengan minyak kelapa yang kaya manfaat daripada obat.

Meskipun tidak bisa dibilang sebagai obat diabetes juga, tapi mulai menggunakan minyak kelapa untuk sehari-hari akan membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama masalah kesehatan.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/kembali-ke-obat-herbal-jahe-bisa-bantu-pasien-diabetes/