KENALI TANDA-TANDANYA SEBELUM MENENTUKAN OBAT AGAR DIABETES LEBIH CEPAT DIATASI

Meskipun tidak ada obat diabetes yang benar-benar bisa menyembuhkan diabetes, tetapi mengenali tanda-tandanya sejak awal akan banyak membantu mengurangi kemungkinan terburuk. Diabetes adalah kondisi ketika pankreas tidak memproduksi insulin sama sekali atau hanya memproduksi insulin dalam jumlah sedikit. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah glukosa yang ada dalam tubuh karena tidak semua digunakan sebagai energi dengan benar.

Menyadari tanda-tanda diabetes sejak awal akan membantu menentukan penanganan terhadap diabetes, termasuk obat, diet dan olahraga yang tepat. Meskipun tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkan diabetes, setidaknya beberapa metode pengobatan membantu mengurangi resiko komplikasi diabetes.

 

Tanda-tanda diabetes

Gejala awal diabetes adalah rasa haus yang berlebihan. Orang-orang yang memiliki diabetes akan mencari minuman lebih sering dari yang dilakukan orang normal. Hal ini terjadi karena tingginya konsentrasi glukosa yang ada dalam darah.

Selain sering merasa haus mereka juga akan sering buang air kecil. Tubuh membantu menjaga kestabilan gula darah dengan mengeluarkannya melalui urin. Jika sering merasa ingin buang air kecil, mungkin bisa jadi gejala awal diabetes.

Terlalu banyak glukosa ternyata membuat makanan jadi tertahan di dalam perut dan membuat orang merasa mual, begah dan kembung.

Masalah pada kaki juga bisa jadi sinyal ada yang tidak beres pada tubuh. Perhatikan jika luka, bengkak atau rasa sakit di bagian kaki tidak sembuh dengan cepat dan mudah, bisa jadi ini adalah gejala diabetes.

Sering-seringlah melakukan pengecekan tentang kondisi tubuh secara keseluruhan. Tekanan darah tinggi tenyata juga menjadi peringatan awal diabetes.

Konsentrasi yang menurun, sering merasa mengantuk bisa jadi salah satu gejala dari banyak gejala lain terkait diabetes. Beberapa gejala lain juga bisa berupa kehilangan kesadaran yang terjadi mendadak dan sering.

Mungkin gejala yang satu ini akan sulit untuk dikenali tapi jika merasa nafas mulai beraoma manis sebaiknya segera periksa ke dokter. Nafas yang beraroma manis indikasi awal bahwa jumlah keton dalam tubuh terlalu tinggi dan merupakan komplikasi diabetes serius.

Kemunculan pecah-pecah pada kulit juga jadi tanda awal diabetes yang harus segera ditindak.

Mungkin tidak semua gejala ini dirasakan sekaligus dan meskipun tidak harus panik ketika salah satu gejala muncul, sebaiknya tetap waspada dan konsultasikan pada dokter. Jangan sembarangan menggunakan obat tanpa persetujuan dokter ahli diabetes.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/tidak-selalu-dengan-obat-ini-cara-membesarkan-anak-dengan-diabetes/