KETO DIET, CARA CEGAH PENYAKIT DIABETES

Keto diet sebagai salah satu metode diet yang sedang populer akhir-akhir ini ternyata efektif sebagai cara cegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri memiliki resiko tinggi menimbulkan berbagai penyakit lain yang bisa membahayakan tubuh. Nah, salah satu cara cegah timbulnya komplikasi atau penyakit lain akibat diabetes adalah dengan membuat pola diabetes yang sehat dan aman bagi tubuh. Diet diabetes sangat penting untuk dilakukan karena itu bentuk menjaga agar gula darah tidak melonjak naik dan terjaga kestabilannya.

Selain baik sebagai salah satu cara cegah penyakit diabetes, keto diet memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan lho. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat keto diet? Akan dibahas dalam artikel ini.

 

Keto diet menjaga kesehatan jantung

Pasien diabetes memiliki kemungkinan lebih besar mengalami penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki diabetes. Namun, bukan berarti mereka yang tidak memiliki diabetes bisa bersantai-santai, resiko penyakit jantung itu tetap ada. Nah, apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung datang? Diet keto bisa jadi salah satu jawabannya.

Ketogenic Diet meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh sekaligus menurunkan jumlah trigliserida dalam darah. Kolesterol jahat dan trigliserida adalah faktor resiko terbesar dari berbagai penyakit jantung.

Keto diet untuk gula darah dan insulin

Cara cegah penyakit diabetes adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat yang akan berubah menjadi gula di dalam tubuh. Ketika makan dengan makanan yang mengandung karbohidrat lebih sedikit dan jumlah lemak baik lebih banyak, kadar gula akan menurun secara drastis dan jumlah insulin yang diproduksi jadi lebih mencukupi untuk mengendalikan gula darah.

Pada orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi membentuk sebuah kondisi dalam tubuhnya yaitu resistensi insulin. Diet keto ternyata terbukti membantu untuk mengembalikan kondisi ini menjadi lebih baik. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa diet keto efektif membantu pasien diabetes tipe 2.

Mengelola nafsu makan

Banyak orang akhir-akhir ini bermasalah dengan nafsu makan dan semakin sulit karena merasa mudah lapar di saat yang tidak tepat. Jika diterapkan dengan baik, Diet Keto akan mengurangi perasaan lapar yang berlebihan dengan cara menekan hormone lapar yaitu hormone Ghrelin. Menekan rasa lapar penting dalam metode diet penurunan berat badan karena lapar adalah penghalang utama dari segala macam metode diet.

Keto diet untuk menurunkan berat badan

Salah satu keuntungan dari Diet Keto adalah penurunan berat badan yang cukup signifikan dalam beberapa minggu setelah mulai melakukan diet. Setelah itu masih ada manfaat lainnya dari Ketogenic Diet, yaitu tubuh akan mengalami penurunan jumlah lemak secara konstan karena nafsu makan mulai menurun.

Sekilas tentang bagaimana Ketogenic Diet ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk sebagai salah satu cara cegah berbagai penyakit dari diabetes.

 

Baca juga: PENGERTIAN PENYAKIT DIABETES YANG HARUS DIKENALI