KOMBINASI MENU DIET SEHAT UNTUK DIABETESI DENGAN MANFAAT OBAT HERBAL DIABETES DI DALAMNYA

Mengatur menu diet

Menemukan manfaat obat herbal diabetes tidak harus selalu dalam bentuk ramuan atau suplemen obat-obatan dalam kemasan. Mengatur menu diet sehat dengan beberapa kombinasi makanan ternyata bisa berpengaruh banyak pada kesehatan. Terdapat beberapa kombinasi menu sehat yang bisa dijadikan bahan makanan sehari-hari namun tetap mengontrol kadar gula darah. Bagi pengidap diabetes memang penting mengatur pola makan serta tetap mengonsumsi obat. Obat herbal diabetes menjadi pilihan terbaik karena lebih mudah dicerna tubuh daripada obat berbahan kimia. Dan manfaat obat herbal dapat ditemukan dalam beberapa kombinasi makanan sehat untuk diet berikut ini.

 

Kacang

Setengah cup kacang-kacangan mengandung protein setara dengan satu ons daging sapi. Mengonsumsi kacang sebagai menu diet memiliki beragam manfaat salah satunya karena kacang tidak memiliki lemak jenuh. Kacang-kacangan sendiri mengandung karbohidrat tinggi, serat, magnesium, potassium dan protein. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, maka kacang adalah makanan yang harus ada dalam menu diet diabetes. Beragam jenis kacang yang bisa digunakan dalah kacang kedelai, kacang hitam, garbanzo, kacang lima atau kacang ginjal.

Daun hijau

Sayuran yang memiliki daun hijau memiliki manfaat besar untuk menurunkan gula darah seperti halnya obat herbal diabetes. Sayur-sayuran berdaun hijau biasanya tinggi magnesium, vitamin A, serat dan tentu saja memiliki indeks glikemik rendah. Maka dari itu sayuran hijau harus selalu ada dalam menu diet sehari-hari. Isi setengah porsi piring sekali makan dengan sayuran hijau. Beberapa pilihan sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kale, lettuce atau asparagus bisa dijadikan kombinasi.

Ubi

Ubi ternyata bisa bermanfaat baik bagi diabetesi karena ubi memiliki kandungan serat dan vitamin A tinggi. Sebagai salah satu makanan yang juga bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat, ubi memiliki indeks glikemik rendah yang tidak menyebabkan gula darah meningkat pesat. Diabetesi mulai sekarang sebaiknya gunakan ubi rebus untuk menggantikan nasi sebagai makanan sehari-hari.

Alpukat

Alpukat yang sering sekali dikonsumsi sebagai camilan ini juga bermanfaat seperti obat herbal diabetes yang enak. Diabetesi sering kali diminta untuk mengontrol berat badannya demi meningkatkan sensitifitas insulin, aplukat adalah pilihan tepat ketika ingin berdiet. Menambahkan setengah potong alpukat dapat mengurangi keinginan untuk makan hingga 40 persen sehingga lebih efektif untuk menunda rasa lapar di sore hari.

Sumber: bythewyhealth.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/daun-salam-dimanfaatkan-sebagai-obat-herbal-untuk-diabetes-dan-masalah-kesehatan-lain/