Obat diabetes cegah dampak terburuk diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bisa mengancam siapa saja, dari remaja dengan gaya hidup tak sehat sampai bayi yang bisa diturunkan dari orangtua. Sakit diabetes kadang tak terdeteksi karena tanda-tandanya yang terkesan samar. Tapi siapa sangka sakit ini justru terkenal cukup berbahaya karena berdampak panjang bagi kesehatan. Konsumsi obat biasanya hanya untuk mencegah terjadinya komplikasi. Pada dasarnya diabetes tidak dapat disembuhkan total dengan konsumsi obat. Obat diabetes berfungsi untuk menstabilkan gula darah yang menjadi penyebab diabetes. Lalu apa saja dampak berbahaya penyakit diabetes?

 

Sakit Jantung

Salah satu ancaman terbesar bagi pengidap diabetes adalah sakit jantung akibat kadar gula darah yang tak terkontrol. Pengidap diabetes biasanya akan mulai merasakan sakit pada jantung. Beberapa jenis penyakit jantung yang akan terjadi pada pengidap diabetes diantaranya penyempitan pembuluh darah, stroke hingga yang terparah serangan jantung.

Kerusakan sistem syaraf & Obat Diabetes

Ketika kadar gula darah tidak dikontrol dengan konsumsi obat, maka akan menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah yang berfungsi untuk menyehatkan syaraf terutama bagian kaki. Jika sistem syaraf kaki mulai mengalami kerusakan biasanya akan muncul tanda-tanda seperti sering kesemutan, mati rasa, rasa terbakar dan sakit pada ujung jari kaki.

Kerusakan mata

Kerusakan mata yang terparah yang dapat dialami pengidap diabetes adalah kebutaan. Seperti disebutkan sebelumnya kadar gula darah yang terlalu tinggi akan merusak sistem syaraf termasuk sistem syaraf pusat hingga dapat merusak kornea dan lensa mata. Rata-rata pengidap diabetes akan mengalami glaukoma dan katarak.

Gangguan pendengaran

Pengidap diabetes biasanya akan mengalami gangguan fungsi syaraf, terutama syaraf-syaraf penting, salah satunya adalah gangguang syaraf pendengaran. Tingkat kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan kerusakan sistem pendengaran.

Gagal Ginjal

Dalam sistem ekskresi, ginjal memainkan peranan penting sebagai organ yang menyaring darah dari seluruh jaringan tubuh manusia. Bagi pengidap diabetes yang memiliki kadar gula darah terlalu tinggi akan terjadi kerusakan pada jaringan yang berfungsi sebagai saringan kecil. Kondisi yang parah akan menyebabkan gagal ginjal hingga membutuhkan cuci darah rutin atau transplantasi.

Betapa pentingnya konsumsi obat demi mencegah terjadinya dampak buruk sakit diabetes. Obat diabetes berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah, baik itu obat herbal atau kimia.

Sumber: halosehat.com