Kontrol kadar gula yang baik akan menjaga anda dari komplikasi diabetes. Beberapa obat-obatan dapat membantu anda dalam mengontrol kadar gula anda. Namun menggantungkan diri pada obat-obatan hanya untuk mengontrol-nya (kadar gula darah) bukanlah satu-satunya pilihan. Beberapa kebiasaan di pagi hari ini, dapat membantu anda dalam melakukan kontrol terhadap gula anda.

Lakukan 5 cara ini di pagi hari untuk kontrol kadar gula anda

Cek Kadar Gula

Kontrol Kadar Gula Anda dengan 5 Cara Ini di Pagi Hari1

Informasi yang tepat tentang kadar gula anda dapat membantu anda memutuskan rencana harian anda. Dengan informasi ini anda dapat menyesuaikan (nutrisi dan porsi) makanan yang akan anda konsumsi hari ini. Selain itu juga dapat menjadi acuan dalam menentukan Rencana olahraga anda. Hal ini juga dapat membantu dalam penyesuaian rencana perawatan diabetes anda. Buat catatan khusus untuk mencatat kadar gula harian anda beserta kegiatan dan porsi makan anda. Evaluasi mingguan atau bulanan dapat dilakukan dengan catatan tersebut.

Periksa kaki dan tubuh anda

Kontrol Kadar Gula Anda dengan 5 Cara Ini di Pagi Hari2

Periksa kaki dan seluruh tubuh anda setiap hari. Pastikan tidak ada luka yang “terlambat” ditangani. Cek dengan seksama apakah ada luka kecil, lecet, luka dan masalah lainnya. Segera hubungi dokter anda bila anda menemukan luka sekecil apapun di tubuh anda. Perawatan yang benar pada luka diharapkan membuat proses penyembuhan lebih cepat. Selalu berhati-hati dalam beraktifitas, hindari resiko terluka pada tubuh anda.

Artikel terkait :

Sarapan

Sarapan akan membantu mencegah kadar gula darah anda berada pada level tertinggi atau terendah. Pilih menu sarapan dengan nutrisi seimbang harian anda. Protein dan sedikit karbohidrat yang tepat dapat membantu menstabilkan kadar glukosa. Beberapa jenis obat penurun kadar gula lebih efektif bila diimbangi dengan makan makanan dengan gizi seimbang.

Artikel terkait :

Olahraga

Kontrol Kadar Gula Anda dengan 5 Cara Ini di Pagi Hari3

Olah raga membantu mengatur kadar gula darah. Lebiih tepatnya membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena olahraga membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sensitif terhadap hormone insulin. Pilih jenis olahraga yang sesuai untuk kondisi anda. Konsultasikan dengan dokter anda untuk memilih jenis olahraga tersebut. Lakukan persiapan yang baik dan gunakan peralatan yang aman. Sepatu yang tidak nyaman beresiko menciptakan luka pada kaki anda. Dan hal ini sangat tidak diharapkan. Gunakan peralatan yang benar-benar aman untuk berolahraga.

Artikel terkait :

Olahraga Diabetes Untuk Diabetasi

Rencana Kegiatan

Rencanakan seluruh kegiatan anda di pagi hari. Gunakan evaluasi catatan harian yang anda buat sebagai bahan pertimbangan. Rencana harian di sini mencakup kegiatan olahraga, nutrisi makanan atau konsumsi harian. Atur jadwal kegiatan anda dengan sedemikian rupa. Hindari kegiatan yang terlalu padat dalam 1 hari.

Semoga bermanfaat