MAKANAN MANIS YANG TERNYATA BAGUS SEBAGAI OBAT DIABETES

Obat diabetes tidak selalu dalam bentuk obat-obatan yang dikemas dan diproduksi sebagai kapsul atau tablet. Makanan dari buah-buahan dan sayuran juga merupakan obat diabetes selama porsinya tepat dan dengan persetujuan dokter. Makanan dari sumber alami dan dalam bentuk paling naturalnya adalah makanan dengan sumber nutrisi paling banyak sehingga tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membantu menangani beberapa penyakit.

Untuk pengidap diabetes coba salah satu saran untuk mengonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin. Kenapa dengan makanan yang mengandung anthocyanin? Anthocyanin adalah salah satu antioksidan kuat yang sekaligus memberi warna pada makanan. Dalam Journal of Nutrition yang dicetak di tahun 2014, makanan dengan anthocyanin dapat membantu menyetabilkan dan menurunkan kadar gula darah yang membuatnya jadi salah satu makanan paling ramah bagi pasien diabetes. Tidak harus selalu mengandalkan obat diabetes, makanan-makanan ini juga bisa jadi sumberi nutrisi penting untuk tubuh setiap hari.

 

Ceri

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Buah ceri berwarna merah cerah karena anthocyanin yang terkandung di dalamnya. Pada tahun 2009 sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam 2009 Experimental Biology menyebutkan bahwa memakan satu setengah cangkir ceri beku dapat meningkatkan aktifitas antioksidan dalam tubuh selama 12 jam. Dalam kesempatan lain sebuah penelitian juga menunjukan bahwa ceri merah sangat berhubungan dengan pengurangan lemak perut yang biasanya dialami pasien diabetes tipe 2. Mengurangi lemak perut juga berhubungan dengan penurunan resiko serangan jantung. Tapi sebaiknya beli ceri dalam keadaan segar, bukan beku, untuk mendapatkan kandungan antioksidannya yang masih utuh.

Black bean

Photo by Denise Johnson on Unsplash

Pasien diabetes selalu disarankan untuk memperbanyak konsumsi kacang-kacangan dalam menu dietnya karena kacang-kacangan sangat ramah bagi pasien diabetes, mengandung serat serta protein yang menjaga gula darah tetap stabil. Lebih lagi kacang-kacangan, terutama black bean, tidak hanya mengandung anthocyanin yang membuatnya memiliki warna hitam pekat, tapi juga mengandung polyphenol. Polyphenol akan membantu mengurangi resiko inflamasi pada pembuluh darah akibat diabetes dan mengurangi resiko sakit jantung dengan mencegah penumpukan plak dalam pembuluh. Manfaat ini sama seperti yang bisa ditemukan di obat diabetes pada umumnya.

Boysenberry

Photo by Denise Johnson on Unsplash

Buah ini sebenarnya bisa ditemukan tumbuh liar di beberapa hutan di Indonesia, namun jarang dijual secara bebas di supermarket besar. Anthocyanin berperan besar untuk memberi warna pada boysenberry dan keluarga berry berwarna gelap lainnya. Selain itu anthocyanin dalam boysenberry juga berperan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Komponen dalam buah berry sendiri membantu pasien diabetes mengatasi resiko munculnya berbagai penyakit jantung sebagai komplikasi. Variasi buah berry ini sangat kaya akan vitamin C, serat dan rendah kalori.

Blueberry

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Di beberapa tempat di Indonesia, blueberry sudah lebih mudah ditemukan dan ternyata khasiatnya cukup besar bagi pasien diabetes. Dalan The Journal of Nutrition sebuah penelitian menyebutkan jika orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan dan resistensi insulin mengalami perbaikan dalam sensitifitas mereka terhadap insulin setelah mengonsumsi blueberry selama 6 minggu. Tentu saja ini menjadikan blueberry salah satu makanan sehat layaknya obat diabetes dan superfood untuk mereka yang ingin hidup sehat.

Sweet potato

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Sweet potato juga makanan yang cukup banyak dipertimbangkan untuk pasien diabetes. Nutrisi dalam sweet potato ternyata banyak yang bisa dimanfaatkan layaknya obat bagi pasien diabetes seperti serat, vitamin, dan antioksidan. Jika direbus atau dikukus, sweet potato memiliki glycemic index yang sangat rendah, jadi tidak akan menaikan gula darah secara mendadak setelah dikonsumsi. Siapa sangka meskipun makanan manis, sweet potato aman dan bermanfaat bagi pasien diabetes.

Anthocyanin memiliki peran penting sebagai antioksidan yang menyehatkan tubuh, sehingga jangan sampai melewatkan daftar makanan sebagai bagian dari menu diet. Peran menu diet dalam kehidupan pasien diabetes sama pentingnya dengan peran obat.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/cara-mengolah-black-seed-oil-sebagai-obat-diabetes-herbal/