MANFAAT HEBAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN JANTUNG HINGGA OBAT DIABETES

Bawang putih

Banyak orang menggunkan bawang putih sebagai salah satu bumbu masakan, namun ternyata dibalik itu ada manfaat obat diabetes sekaligus obat penyakit lain yang bisa ditemukan dari bawang putih. Bawang putih sangat mudah ditemukan dimana-mana dan sepertinya menjadi favorit banyak orang sebagai bahan pelengkap dalam makanan. Aromya yang khas juga bisa membuat berbagai makanan terasa lebih enak. Meski begitu bawang putih dalam keadaan mentah juga bisa memberi berbagai manfaat penting seperti ebagai obat diabetes, demam, tekanan darah hingga melawan kanker.

 

Penyakit jantung

Bawang putih telah dikenal secara luas baik sebagai pencegah maupun obat yang menyembuhkan berbagai masalah jantung dan metabolisme. Kehadiran bawang putih sangat membantu untuk masalah kesehatan seperti atherosclerosis, hyperlipidemia, thrombosis, hipertensi dan diabetes. Krakteristik utama bawang putih sebagai obat untuk mengatasi penykit jantung adalah dengan membantu menghilangkan plak yang menempel pada arteri. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition pada 55 pasien dengan rentang usia 40-75 tahun menunjukkan bagaimana ekstrak bawang putih dapat menghilangkan plak pada arteri coroner yang menyuplai darah ke jantung. Tidak hanya membersihkan plak, bawang putih juga mencegah pembentukan plak pada arteri.

Kanker

Berdasar pernyataan yang diungkapkan NIH National Cancer Institute bahwa ternyata ada hubungan yang cukup kuat antara peningkatan konsumsi bawang putih dengan menurunkan resiko berbagai macam kanker seperti kanker perut, usus besar, pankreas dan payudara. Hal ini bisa terjadi karena bawang putih mengandung anti-bakteri yang mampu mencegah pembentukan sel kanker, memperbaiki DNA yang rusak, mengganti sel-sel yang mati dan mengurangi pertumbuhan sel tidak sehat. Jadi jangan meremehkan kemampuan bawang putih sebagai makanan yang mampu melawan kanker.

Diabetes

Bawang putih menunjukkan kemampuan hebatnya sebagai obat diabetes. Memakan bawang putih terbukti mampu membantu menstabilkan kadar gula darah berlebih, memiliki kemampuan menghentikan efek buruk dari komplikasi akibat diabetes. Penelitian telah mengujinya dan ternyata bawang putih meningkatkan kesehatan dibetesi secara keseluruhan termasuk mencegah komplikasi umum dalam diabetes seperti atherosclerosis dan nephropathy.

Alzheimer dan dementia

Bawang putih mengandung antioksidan yang akan meningkatkan metabolisme tubuh melawan kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab utama penyakit saraf. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurochemistry menunjukkan menemukan bahwa bawang putih mengandung zat yang dapat melindungi dan menyelamatkan saraf dalam ekstraknya dan merupakan senyawa aktof S-allyl-L-cysteine (SAC). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih yang mengandung SAC dapat digunakan sebagai obat menyembuhkan penyakit Alzheimer.

Sumber: draxe.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/memanfaatkan-jeruk-nipis-menjadi-obat-diabetes-herbal-ampuh/