MANFAAT MENGKUDU SEBAGAI OBAT DIABETES HERBAL TRADISIONAL DAN MODERN

Keajaiban mengkudu

Buah mengkudu atau biasa disebut Noni Fruit ternyata memiliki banyak manfaat sebagai obat diabetes herbal dan mengatasi berbagai masalah kesehatan lain. Meskipun aromanya terkenal tidak sedap, setiap bagian dari mengkudu dapat dijadikan obat diabetes herbal tradisional atau dari sisi modern. Mulai dari daun, bunga, biji, buah, batang hingga akar mengkudu telah banyak dimanfaatkan menjadi obat diabetes herbal secara tradisional. Untuk lebih jelasnya lagi akan dibahas pada artikel ini.

 

Daun mengkudu

Daun mengkudu sering kali digunakan untuk membungkus daging yang akan dimasak atau bahkan menjadi bagian dari masakan itu sendiri. Manfaat dari daun mengkudu sendiri adalah membersihkan usus, menyembuhkan sakit kepala dan demam. Tetapi ternyata yang memakan daun mengkudu tidak hanya manusia, ulat sutera juga sering kali diberi makan daun mengkudu untuk hasil yang lebih baik.

Secara tradisional, daun mengkudu juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit parah seperti malaria, digunakan sebagai analgesic, mengatasi tuberculosis, terkilir, nyeri sendi dan menghentikan racun akibat gigitan serangga.

Sedangkan jika dibuat ekstraknya, daun buah mengkudu adalah obat diabetes herbal yang telah lama dipercaya ampuh mengatasi diabetes dan berbagai komplikasinya. Ekstrak daun mengkudu dapat mengatasi tekanan darah tinggi, perut tidak nyaman, menurunkan nafsu makan, infeksi saluran kencing, hernia hingga kekurangan vitamin A.

Akar

Tidak hanya daunnya, akar dari buah mengkudu bisa digunakan untuk mengatasi rasa lapar. Jika dijadikan jus, akar mengkudu bisa menyembuhkan berbagai macam inflamasi.

Bunga

Bunga dari buah mengkudu dapat mengobati bintil pada mata.

Buah

Untuk buah mengkudu sendiri manfaatnya tentu jauh lebih banyak lagi. Buah mengkudu yang masih mentah biasa digunakan untuk meredakan nyeri dan bagian yang kering di sekitar mulut atau di dalam mulut. Sedangkan buah yang sudah makan bisa dimakan atau dihaluskan kemudian digunakan untuk meredakan radang tenggorokan dan dioleskan pada kulit untuk membunuh bakteri. Ketika dimakan, mengkudu efektif membunuh parasite di dalam tubuh, menyembuhkan luka, mengatasi inflamasi pada mulut dan gusi, dan mengatasi sakit gigi, di mana hal-hal tersebut penting untuk diperhatikan oleh pasien diabetes. ditambah lagi ekstrak buah mengkudu ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah mengkudu memang dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes herbal dari setiap bagian tanamannya.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/superdrink-minuman-yang-menjadi-obat-diabetes-herbal-alami/