obat anti diabetes dari umbi yakon

Obat Anti Diabetes Dari Daun Yakon

Daun Yakon atau Daun Insulin begitu tanaman ini dikenal luas oleh banyak masyarakat di Indonesia, efeknya yang dapat menurunkan dan menjaga kadar gula dalam darah membuatnya dipakai banyak orang sebagai obat anti diabetes.

Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor),

Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.

 

Namun jangan SALAH PILIH ya !

Sebenarnya ada dua jenis tanaman yang disebut Daun Insulin yaitu daun Paitan (banyak juga yang menyebutnya dengan rondo semoyo, kembang bulan, kayu paik, kipait atau harsaga).

Sedangkan yang satu lagi adalah Daun Yakon (dibaca: yakong) atau Smallanthus Sonchifolius merupakan tanaman asli dari Amerika Benua dari pegunungan Andes di Peru.

Tanaman ini memang baru mulai dibudidayakan di Indonesia kira-kira sekitar tahun 2012-2013 yang lalu sehingga namanya masih cukup asing.

Baca Juga : Perbaikan Produksi Insulin Pankreas Oleh Yakon

 

Potensi Umbi Yakon Sebagai Obat Anti Diabetes

Selain daun, Yakon juga memiliki umbi yang memiliki kandungan gizi yang baik dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Umbi Yakon berwarna cokelat berbentuk mirip singkong. Daging umbi putih kekuningan dan manis. Daunnya mirip dengan daun seledri yang dapat tumbuh hingga 3 meter.

Umbi Yakon yang sebagian besar terdiri dari air dan tingkat yang sangat tinggi fructo-oligosakarida (FOS) juga disebut oligofructose atau oligofructans.

 

FOS adalah jenis gula yang ditemukan secara alami di banyak jenis tanaman tapi tidak seperti oligosakarida lainnya,

mereka mampu menahan hidrolisis enzim dalam air liur dan saluran pencernaan bagian atas dan meninggalkan tubuh tercerna.

Jadi meskipun terasa manis, umbi yakon hanya mengandung sedikit kalori.

 

Secara tradisional, umbi yakon telah direkomendasikan untuk orang yang menderita diabetes dan berbagai penyakit pencernaan.

Baru-baru ini, sirup yakon, yang diekstrak dan merupakan konsentrasi dari umbi yakon, telah ditunjukkan untuk meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi berat badan pada orang gemuk.

 

Studi ini meningkatkan kemungkinan bahwa mengkonsumsi yakon memiliki efek bermanfaat dalam mengobati resistensi insulin terkait obesitas dan diabetes melitus tipe 2.

Namun, mereka tidak menentukan apakah efek yakon pada sensitivitas insulin pada individu obesitas primer atau sekunder dengan penurunan berat badan.