MEMAHAMI CARA KERJA PANKREAS DAN PENGENDALIAN DIABETES DENGAN OBAT

Salah satu bagian yang harus dipahami dari diabetes adalah tentang cara kerja pankreas dan insulin serta pengaruh obat, diet dan olahraga terhadap keseluruhan pengendalian gula darah dalam tubuh. Pada dasarnya tubuh sudah dapat memproduksi insulin sendiri melalui pankreas, namun karena gaya hidup yang salah atau penyakit auto-imun menyebabkan pankreas tidak dapat bekerja dengan semestinya. Maka hadirlah suntikan insulin atau obat diabetes yang membantu mengendalikan gula darah agar tetap stabil. Selain itu berbagai program diet dan metode olahraga juga diterapkan agar pasien diabetes tidak mengalami gula darah rendah akibat obat diabetes atau insulin. Obat diabetes dan insulin digunakan untuk menjaga gula darah tidak terlalu tinggi, tapi juga terkadang menyebabkan gula darah jadi terlalu rendah dan membahayakan kondisi tubuh. Nah, untuk itu sebaiknya sekarang akan dibahas tentang bagaimana memahami kerja pankreas dan peran obat diabetes serta metode pengobatan lain terhadap pasien diabetes.

 

Insulin dan pankreas

Pada bagian ini akan dijelaskan secara sekilas bagaimana insulin dan pankreas bekerja dalam tubuh. Setelah makan makanan besar, lambung akan mengubah karbohidrat yang masuk menjadi gula atau glukosa yang nantinya akan dimasukan ke dalam darah. Tugas pankreas adalah memproduksi insulin yang cukup sehingga jumlah insulin dan gula yang ada dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Insulin ini yang akan bertugas memasukan glukosa dalam darah. Gula dan insulin tersebut kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah sebagai bahan bakar yang membuat tubuh berfungsi secara normal. Bahan bakar ini juga yang menjadi sumber energi untuk beraktifitas sehari-hari.

Namun jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi karbohidrat maka akan semakin banyak pula gula yang dibuang ke dalam darah. Dalam kondisi sehatnya, pankreas akan sulit untuk memproduksi insulin yang bisa mengimbangi jumlah gula yang beredar dalam tubuh. Terlalu sering dalam kondisi gula darah tinggi atau perubahan mendadak dari gula darah normal ke tinggi akan menyebabkan tubuh mulai tidak nyaman dan seiring berjalannya waktu juga merusak organ dalam.

Tanpa diet dengan makan makanan sehat lama kelamaan pankreas dapat mengalami kerusakan. Apa yang terjadi jika pankreas mengalami kerusakan? Tentu saja pankreas akan sulit memproduksi insulin yang mengimbangi jumlah gula dalam tubuh. Tanpa insulin yang cukup akan menyebabkan kadar gula menjadi terlalu tinggi. Kondisi ini yang kemudian membahayakan dan mengarah pada diabetes.

Obat diabetes dan metode penyembuhan lainnya

Salah satu cara untuk mengendalikan gula darah adalah dengan mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan dokter. Obat diabetes yang biasanya diresepkan bisa dalam bentuk obat minum atau disuntikan. Namun obat diabetes adalah pilihan terakhir ketika diet sehat sudah tidak banyak membantu.

Bagi pasien diabetes sangat penting untuk menentukan pilihan makanan sehari-hari karena dari pilihan makanan tersebut akan sangat membantu mengendalikan diabetes dan kadar gula darah dalam tubuh. Sebisa mungkin jauhi makanan olahan karena biasanya makanan olahan akan mengandung banyak gula dan sedikit nutrisi. Setiap hari isi piring makan dengan 50% sayuran, 25% protein, dan 25% karbohidrat sehat.

Selain makanan, jangan lupa untuk mengelola kebiasaan berolahraga. Aktifitas fisik akan membantu mengendalikan gula darah dan membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan.

Terakhir, tetap rutin untuk memantau kondisi gula darah untuk menentukan efek obat diabetes, diet dan olahraga terhadap kadar gula darah dan memantau kemungkinan adanya komplikasi.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/jalur-panjang-mengendalikan-diabetes-dari-kenali-angka-sampai-obat-diabetes/