MEMILIH SEMANGKA SEBAGAI OBAT HERBAL UNTUK DIABETES PERLU BEBERAPA PERHATIAN

Semangka sebagai obat herbal

Memanfatkan berbagai produk sebagai obat herbal untuk diabetes sedang sangat digemari masyarakat karena terdengar lebih menjanjikan dibanding obat diabetes berbahan kimia. semangka menjadi salah satu buah yang bisa diandalkan sebagai obat herbal untuk diabetes. Buah besar dan merah satu ini memiliki banyak manfaat bagi pengidap diabetes sehingga berperan layaknya obat. Tetapi beberapa orang meragukan apakah semangka memang benar-benar aman untuk pasien diabetes dan dapat dijadikan obat. Beberapa resiko dari mengonsumsi semangka bukan untuk mencegah orang mengonsumsi semangka, hanya sebagai pembatasan agar tidak berlebihan.

 

Resiko yang berhubungan dengan semangka

Konsumsi semangka melebihi batas wajar sangat tidak aman dan beresiko membahayakan bagi pasien diabetes. Dengan indeks glikemiknya yang tinggi dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat bagi pasien diabetes. Mengontrol gula darah dan glukosa darah semua orang tahu adalah kunci dari mengelola diabetes. Semua hal yang dapat memicu peningkatan kenaikan gula darah sangat beresiko untuk masalah mengelola diabetes.

Semangka sendiri juga mengandung zat pewarna, Lycopene. Jika mengonsumsi Lycopene dalam jumlah tinggi akan mengarahkan tubuh pada masalah seperti sakit perut, mual, perut bergas, muntah dan masalah pencernaan lain. Konsumsi semangka berlebih juga akan berdampak buruk bagi pasien diabetes karena dapat menyebabkan penyakit seperti gagal ginjal misalnya.

Potassium juga tercatat ada dalam jumlah tinggi dalam semangka. Tiga cangkir semangka membawa sekitar 500 gram potassium ke dalam tubuh. Terlalu banyak mineral yang satu ini buruk bagi tubuh karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan resiko berbagai penyakit kardio. Selain jantung, syaraf juga akan terdampak dari potassium berlebih.

Mengonsumsi semangka dengan aman

Karena buah ini tinggi indeks glikemiknya dan memiliki karbohidrat tinggi, cara untuk mencegahnya membahayakan tubuh adalah dengan menyeimbangkannya bersama makanan utama. Pasien diabetes harus menghitung jumlah karbohidrat dalam makanannya kemudian mengurangi asupan karbohidrat tinggi dengan semangka sebagai penggantinya.

Beritahu dokter jika memang mengonsumsi semangka sebagai obat herbal untuk diabetes. Sampaikan berapa banyak semangka yang dikonsumsi sehari-hari. Setiap orang akan memberi hasil yang berbedaa-beda, maka selalu konsultasikan dengan dokter. Ingat pula bagaimana reaksi tubuh setelah mengonsumsi semangka. Katakan pada dokter kenaikan dan penurunn kadar gula darah sebelum dan sesudah memakan semangka.

Sumber: diabetesselfacaring.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/semangka-untuk-obat-diabetes/