MENGATASI DIABETES DENGAN OBAT DARI SPIRULINA

Spirulina ternyata merupakan salah satu superfood yang sering dimanfaatkan sebagai obat diabetes, mengurangi berat badan, hingga mengatasi berbagai inflamasi. Tanaman spirulina adalah alga hijau-biru yang dikenal juga dengan nama cyanobacterium, ‘cyano’ sendiri berarti biru. Sedangkan nama spirulina diambil dari bahasa latin ‘spiral’ yang merujuk pada bentuk dari tanaman ini sendiri. Diperkirakan spirulina termasuk tanaman yang pertama kali tumbuh sejak adanya oksigen sekitar 3.5 miliar tahun yang lalu. Spirulina ditemukan pertama kali oleh suku Aztec di Danau Texcoco, Mexico. Beberapa saat kemudian ditemukan kembali oleh orang-orang Spanyol kemudian dijadikan salah satu bahan makanan yang dikonsumsi hingga saat ini.

Spirulina termasuk tinggi makanan superfood karena nutrisinya yang terkenal tinggi. Satu sendok teh (7 gram) spirulina mengandung hingga 4 gram protein. Tidak hanya protein tinggi, spirulina juga akan memenuhi kebutuhan iron, copper, dan vitamin B3 yang direkomendasikan dalam sehari. Nutrisi lain dari spirulina adalah vitamin A, B, C, E, vitamin K, mangan, sodium, potassium, dan magnesium. Selain itu komponen aktif yang disebut Phyocyanin adalah antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan DNA.

Spirulina banyak dimanfaatkan sebagai obat yang dikemas dalam bentuk suplemen untuk berbagai penyakit termasuk diabetes. Bagi pasien diabetes mengonsumsi obat yang bisa mencegah munculnya berbagai komplikasi adalah hal yang penting. Untuk kenal lebih jauh manfaat spirulina sebagai obat diabetes akan dibahas pada artikel ini.

 

Manfaat spirulina

Spirulina memiliki cukup banyak manfaat yang bisa diandalkan:

Menyehatkan liver

Mengurangi rasa sakit sensitif

Mengurangi gejala alergi

Obat diabetes. Terutama untuk obat pasien diabetes tipe 2.

Meningkatkan sistem imun

Anti-inflamasi

Menjaga kesehatan mata

Mencegah penumpukan trygliserida pada liver

Melindungi syaraf

Mengandung iron alami dalam jumlah tinggi

Meningkatkan pembakaran lemak ketika olahraga

Meningkatkan energi

60% bagian spirulina adalah protein

Mencegah dan membantu mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung termasuk hypertensi

Kaya akan omega 3, 6 dan 9, terutama kaya akan omega 3.

Karena melihat kandungannya yang tinggi ini tidak heran jika spirulina banyak direkomendasikan sebagai obat diabetes yang ampuh sekaligus superfood yang bermanfaat tinggi.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/berbagai-resep-obat-herbal-untuk-diabetes-yang-bisa-dicoba-di-rumah/