MERAWAT DAN MENCEGAH SAKIT KULIT DISAMPING KONSUMSI OBAT DIABETES RUTIN

Tips merawat kulit

Obat diabetes dikonsumsi rutin untuk menjaga kestabilan gula darah dan mencegah terjadinya berbagai komplikasi akibat kadar gula darah tinggi. Salah satu komplikasi yang bisa muncul akibat diabetes adalah penyakit kulit. Berbagai masalah kulit sering muncul akibat kadar gula darah yang tinggi seperti kulit kering, pecah-pecah, hingga infeksi akibat luka yang sulit menutup. Obat diabetes memang membantu banyak tentang kestabilan gula darah, namun mencegah penyakit kulit bisa dilakukan dengan kebiasaan ringan berikut ini.

 

Mandi

Untuk para pasien diabetes disarankan untuk mandi dengan air hangat dan sabun yang lembut sehari-hari. Air yang terlalu panas saat mandi harus dihindari karena akan mengakibatkan kulit lebih kering dan cepat mengelupas. Air hangat akan merilekskan syaraf dan tidak membuat kulit terlalu kering. Selain air hangat, perhatikan juga pilihan sabun yang digunakan. Gunakan sabun dengan kandungan moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembab bahkan setelah mandi.

Hindari mandi terlalu lama. Sama seperti menggunakan air panas, mandi terlalu lama juga akan mengakibatkan kulit kering. Setelah mandi, biarkan air mengering dengan sendirinya dari badan dan oleskan moisturizer untuk menjaganya tetap lembab dan tidak kering.

Untuk yang sekarang sedang tren yaitu bubble bath, sebaiknya dihindari oleh pasien diabetes yang memiliki kulit kering. Bubble bath akan membuat kulit semakin kering dan mengurangi kelembabannya.

Perawatan kulit

Sering-seringlah menggunakan lotion atau krim dengan moisturizer setiap saat untuk menghindari kulit kering berlebihan. Gunakan lotion terutama dihari-hari yang dingin, berangin dan gunakan lagi setelah mencuci tangan. Jangan lupakan juga penggunaan sunscreean untuk mencegah sunburn atau kerusakan lain akibat sinar matahari.

Berhati-hatilah ketika menggunakan obat-obatan untuk luka seperti iodine, alkohol dan lainnya karena obat-obatan tersebut terlalu keras untuk kulit diabetesi.

Gunakan bedak untuk daerah yang sering mengalami gesekan kulit dengan kulit seperti area ketiak misalnya.

Ketika terdapat sesuatu yang mencurigakan pada kulit seperti bintik merah atau kulit yang bengkak. Segala sesuatu yang dirasa tidak normal sebaiknya segera ditanyakan pada dokter. Gunakan obat diabetes untuk menjaga kadar gula darah sebaik mungkin. Selain kadar gula darah, tekanan darah juga harus selalu diperhatikan.

Obat diabetes memang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dimana sirkulasi darah yang tidak lancar memang mengarah pada kerusakan sistem syaraf kulit dan menyebabkan kulit kering mudah pecah. ketika kulit dalam keadaan basah, tepuk-tepuk untuk mengeringkannya jangan digosok karena dapat melukai kulit. Beri perhatian lebih pada lengan dan kaki untuk menghindari luka dan goresan yang berujung pada infeksi kulit.

Sumber: skinfo.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/mencegah-penyakit-kulit-dengan-obat-diabetes/