METODE PENGOBATAN DAN OBAT DIABETES YANG IDEAL UNTUK PASIEN DIABETES

Ada berbagai metode pengobatan dan obat diabetes yang bisa direkomendasikan untuk pasien diabetes dan mungkin bisa disesuaikan dengan kondisi pasien. Namun hampir semua metode pengobatan dan obat untuk pasien diabetes memiliki dasar yang sama yaitu mengatur pola makan, olahraga dan rutin konsultasi dengan dokter. Obat untuk pasien diabetes juga terbagi menjadi dua yaitu insulin dan obat tablet yang cara konsumsinya juga tergantung kondisi pasien.

Lalu sebenarnya dari pengobatan dan obat diabetes itu, apa yang dicari dan mau dicapai oleh dokter dan pasien diabetes?

 

Diet dan perubahan pola makan

Ketika pasien diabetes mulai mengubah pola makannya dan menjalani diet ketat ada beberapa hal yang harus diperhatikan tetapi intinya tetap satu yaitu: pasien diabetes sebenarnya butuh makanan seperti biasa namun dengan jumlah lemak yang lebih dipertimbangkan dan serat yang lebih banyak. Menu makanan juga harus mengandung sesedikit mungkin karbohidrat yang cepat tercerna dan perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan serta protein.

Olahraga

Pasien harus mendapatkan persetujuan dokter sebelum mulai berolahraga. Namun kebanyakan pasien diabetes memilih olahraga dalam bentuk jalan cepat setiap pagi atau malah hari selama 1 jam, jalan ringan, sepeda atau jogging. Ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada pembuluh darah dalam tubuh.

Untuk pasien yang memiliki masalah pada kakinya maka tidak harus melakukan olahraga yang menggunakan kaki sebagai bagian dari kegiatan karena dapat menimbulkan luka. Biasanya pasien disarankan untuk melakukan olahraga renang. Berlaku juga untuk pasien yang memiliki masalah pada jantung, ginjal, dan syaraf mata, disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

Jangan lupa untuk mengukur kadar gula darah sebelum olahraga dan mengonsumsi snack manis untuk menghindari gula darah yang terlalu rendah.

Berat badan

Semakin sedikit angka pada timbangan, semakin sedikit insulin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu kontrol juga kadar gula darah 1.5 – 2 jam setelah sarapan. Target yang diharapkan adalah 140mg%, maka kadar gula darah dianggap normal.

Konsultasi dokter

Metode pengobatan dan obat diabetes apapun harus selalu dikonsultasikan dengan dokter. Namun mengunjungi dokter tidak harus untuk mengonsultasikan obat diabetes dan metode pengobatan lainnya. Tanyakan hal-hal berikut ini mendapat kondisi kesehatan yang lebih pasti:

  • Berat badan
  • Tekanan darah: dengan kondisi tekanan darah yang lebih sesuai maka diabetes akan sedikit lebih berkurang dampaknya. Tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi akan meningkatkan resiko pembuluh darah cepat rapuh dan rusak.
  • Gula darah
  • Gula darah jangka panjang (HbA1c): Angka HbA1c menunjukan dengan jelas berapa banyak protein dalam pembuluh darah yang mengental akibat gula darah. Tes ini dilakukan dalam keadaan pasien berpuasa.
  • Lipid: tingginya lipid pada darah menunjukan kondisi pengelolaan gula yang buruk. Sama seperti gula, lemak dalam jumlah tinggi juga akan merusak sistem pembuluh darah.

Ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui dan dijadikan tujuan ideal dari berbagai metode pengobatan dan obat diabetes yang diberikan dokter atau ahli kesehatan lainnya.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/tujuan-dari-segala-metode-pengobatan-dan-obat-diabetes/