Bayam sebagai Diet DiabetesKandungan nutrisi bayam sebagai diet diabetes anda. Bayam merupakan sayuran yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam kesehatan. Tetapi apakah anda tahu betul cara yang bagaimana agar dapat diperoleh manfaat yang maksimal? Apakah bayam dapat berguna juga bagi anda seorang penderita diabetes? Mari kita simak artikel berikut untuk mengetahui secara lebih dalam tentang bayam.

Jika anda sering melihat film kartun berjudul “Popeye” zaman dahulu, anda pasti kenal dengan baik. Dia mengkonsumsi bayam untuk memperoleh kekuatan dan energi lewat lengannya. Adapula film “Teenage Mutant Ninja Turtles” dengan Michael Angelo yang suka sekali dengan menempatkan bayam dalam pizza-nya. Benar sekali, karena bayam sudah dianggap sayuran yang luar biasa manfaat dan khasiat yang dapat diambil.

Seorang penderita diabetes lebih mungkin mengalami peningkatan tekanan darah. Hal tersebut bisa menjadi resiko lanjutan dari komplikasi diabetes dan juga menjadi faktor resiko penyakit jantung. Ternyata pun bayam telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Sadarlah akan penting diet diabetes bagi anda penderita. Selalu kontrol asupan makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Jagalah kadar gula darah anda dalam batas normal. Jangan mengkonsumsi makanan tanpa perhitungan sama sekali dan berlebihan. Penyakit diabetes memang banyak pantangan dan anda juga harus sabar jika ingin merawat penyakit tersebut, Paling tidak, penyakit diabetes yang anda derita tidak akan semakin parah.

Nutrisi Dan Manfaat Bayam Sebagai Diet Diabetes

Tersebut di bawah ini adalah kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayur bayam :

  1. Bayam sangat rendah kalori, hanya 23 dari 100 gram.
  2. Sayur bayam sangat tinggi serat dan rendah gula, dimana hal ini sangat bermanfaat dalam diet diabetes.
  3. Bayam merupakan sumber vitamin. Sebut saja vitamin A (105%), vitamin C (24%), vitamin K (987%), asam folat (66%), besi (36%) dan kalsium (24%). Bayam merupakan top 10 makanan yang bernutrisi baik.
  4. Banyak mengandung antioksidan dan fitokimia yang memperkuat kekebalan tubuh, anti peradangan dan dapat melawan kanker.
  5. Bayam mengandung karotenoid (karoten, lutein dan zeaxanthin).Bayam sebagai Diet Diabetes

Manfaat kesehatan yang dapat anda ambil dari nutrisi sayur bayam adalah :

  1. Kandungan serat dapat membantu memperlancar BAB, menurunkan kolesterol dan mencegah konstipasi.
  2. Vitamin A pada bayam dapat meningkatkan kesehatan mata.
  3. Dengan vitamin K dapat membantu pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan tulang.
  4. Dalam vitamin C sebagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit.
  5. Zat besi dibutuhkan untuk memasok sel-sel tubuh dengan oksigen.
  6. Kalsium sangatlah penting dalam kesehatan tulang dan elektrolit kunci dalam jantung, otot dan fungsi sistem syaraf.

Bayam Sebagai Diet Diabetes Yang Baik Bagi Penderita

Dengan antioksidan, bayam merupakan sayur yang efektif dalam mengurangi kerusakan radikal bebas dimana pada penderita diabetes dapat meningkat. Oleh karena itu, bayam dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif dan memburuknya kondisi penderita diabetes. Bayam mengandung vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Dimana keduanya merupakan komplikasi yang umum terjadi pada seorang penderita diabetes karena buruknya kontrol glukosa.

Tetapi ingatlah untuk mengontrol konsumsi bayam anda, janganlah terlalu berlebihan porsinya. Kandungan oksalat dalam bayam bisa jadi bumerang bagi anda, karena dapat menyebabkan batu ginjal. Tetapi dengan memasak bayam secara tepat dapat mengurangi kandungan oksalat ini. Ingatlah untuk jangan memanaskan lagi ketika sayur bayam sudah dimasak, jadi makanlah sekali habis. Untuk anda yang khawatir akan bakteri Escherichia Coli dalam bayam dapat hancur ketika dimasak pada 1600F/710C.Bayam sebagai Diet Diabetes

Sayur bayam per kalorinya bisa menyediakan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan sayuran lainnya. Merupakan sumber karbohidrat yang rendah dan bisa menjadi pilihan tepat bagi penderita dalam diet diabetes yang dijalaninya. Anda dapat memasak bayam dengan cara stim, mikrowave dan tumisan ataupun bisa mengkonsumsinya secara langsung. Ide lain yang dapat anda lakukan dalam memasak bayam adalah dengan mencampurkan telur ke dalamnya. Sajikan bayam dalam pizza dengan menambahkannya sebagai topping. Dapat pula anda sajikan dalam mangkok sebagai salad bayam atau dapat menyajikannya sebagai omelet.

Pilihlah sayur bayam dengan warna hijau tua segar, renyah, bintik-bintik kuning, layu dan berlendir. Sayur bayam yang organik akan lebih baik dalam diet diabetes, karena sayur tersebut tanpa pestisida. Pastikan untuk mencuci dan membilas bayam dengan benar dan bersih. Simpanlah bayam dalam kantong kedap udara dan masukkan dalam kulkas. Segera konsumsi bayam yang sudah anda beli atau petik sendiri, jangan disimpan terlalu lama.