OBAT DAN METODE PENGOBATAN DIABETES NEPHROPATHY

Setelah sebelumnya membahas tentang diabetes nephropathy, sekarang saatnya untuk lebih memahami obat dan metode pengobatan dalam penyembuhan nephropathy. Pasien diabetes yang telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun akan mengalami kerusakan yang mengganggu sistem tubuh mengolah urin. Kerusakan tersebut terjadi karena tiga sebab mulai dari kerusakan pada pembuluh darah, syaraf dan kandung kemih.

Kerusakan pada pembuluh darah terjadi akibat dari tingginya kadar gula darah yang menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring dan memproses. Seiring berjalannya waktu, tugas berat ini akan mengakibatkan kebocoran dalam lubang-lubang kecil dalam ginjal. Hasilnya, akan banyak protein yang bocor dari lubang-lubang tersebut. Kadar gula darah tinggi juga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tersumbat. Tanpa adanya cukup aliran darah, ginjal akan rusak dan albumin yang melewati penyaringan ini berakhir dalam urin, dimana seharusnya ini tidak terjadi.

Kadar gula darah tinggi juga akan menyebabkan kerusakan syaraf di seluruh tubuh termasuk syaraf pada kandung kemih yang terhubungan dengan otak. Ketika syaraf ini rusak makan, tubuh akan sering tidak sadar bahwa kandung kemih sudah penuh. Jika hal ini terjadi terus menerus tekanan dari kandung kemih yang penuh dapat merusak ginjal.

Saluran pembuangan urin juga akan rusak setelah beberapa waktu. Ketika urin tertahan terlalu lama dalam kandung kemih, dan gula darah selalu dalam kondisi tinggi, saluran kemih juga akan terinfeksi yang dikenal dengan nama UTI. Gula yang masuk ke dalam urin akan membuat bakteria tumbuh subur dalam urin yang terkumpul. UTI pada umumnya menyerang kandung kemih, tapi infeksi yang terus menerus akan menyebar hingga ginjal. Nah, ketika UTI ini tidak disembuhkan, bakteri tersebut akan kembali lagi jika gula darah tetap berada dalam jumlah tinggi karena ada cukup banyak glukosa yang membantu pertumbuhan bakteri sebelumnya.

Untuk itulah perlu adanya berbagai metode pengobatan dan obat yang digunakan untuk menyembuhkan diabetes nephropathy.

Home hemodialysis

Pengobatan ini menggunakan metode menyaring darah di luar tubuh menggunakan dialyzer atau ginjal buatan. Proses ini disebut dengan dialysate untuk menghilangkan racun-racun, menyaring cairan dan kotoran lain yang biasa disaring oleh ginjal normal. Darah bersih kemudian dimasukan kembali ke dalam tubuh.

In-center hemodialysis

Pengobatan ini membutuhkan dialysis access site untuk ditempatkan di bawah kulit. Setiap 3 hari dalam seminggu, pasien akan duduk selama 3 sampai 5 jam terhubungan dengan mesin yang membersihkan darah seperti ginjal normal dan mengembalikannya ke dalam darah.

Transplantasi ginjal

Kondisi ini adalah kondisi terparah diabetes nephropathy dimana obat dan metode pengobatan lain mungkin sudah tidak berfungsi. Jika transplantasi berhasil maka pasien tidak lagi membutuhkan dialysis.

Ketika obat dan metode pengobatan lain sudah tidak berfungsi lagi maka perlu adanya koordinasi lebih lanjut dengan dokter. Setiap metode pengobatan berikut harus dikonsultasikan dan dalam pengawasan dokter.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/chai-tea-teh-kaya-herbal-untuk-obat-diabetes/