OBAT DIABETES SEKALIGUS ANTI-INFLAMASI YANG BISA DITEMUKAN DIMANA-MANA

Inflamasi yang tidak diatasi dengan obat yang bisa meredakan inflamasi akan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti diabetes, kanker hingga penyakit jantung. Namun kondisi yang tidak fatal seperti jerawat dan psoriasis juga bisa dianggap sebagai salah satu bentuk inflamasi. Sebenarnya berbagai kondisi kesehatan serius bisa secara langsung atau tidak disebabkan oleh inflamasi.

Namun tidak perlu cemas karena inflamasi juga dapat dihindari dengan salah satu caranya adalah mengubah pola makan sehari-hari. Mengubah pola makan di sini yang dimaksud adalah dengan memasukan makanan yang mengandung zat anti-inflamasi. Untuk pasien diabetes tidak perlu cemas karena daftar makanan ini juga termasuk makanan yang dikenal sebagai obat diabetes. Makanan yang mengandung zat anti-inflamasi bisa berasal dari sayuran, buah-buahan, sampai bumbu dapur jadi dengan begitu akan lebih mudah berkreasi dengan menunya.

 

Seledri

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung konsentrasi tinggi antioksidan dan anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah serta kolesterol.

Brokoli

Siapa yang tidak kenal dengan brokoli? Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling banyak disarankan untuk program diet. Brokoli sendiri memiliki kandungan yang sama dengan seledri, tinggi antioksidan dan anti-inflamasi.

Salmon

Salmon mengandung vitamin D, B6 dan B12 yang bisa membantu mengendalikan mood seseorang. Tapi yang paling penting dari salmon adalah kandungan asam lemak omega 3 yang mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Blueberry

Salah satu buah yang bisa dijadikan obat diabetes karena bisa mengontrol kadar gula darah dan membuat perut kenyang lebih lama. Blueberry mengandung kombinasi antioksidan, anti-inflamasi dan vitamin lainnya.

Kunyit

Obat diabetes herbal yang banyak disarankan oleh ahli kesehatan. Kunyit tidak sekedar dicampurkan dalam masakan, sekarang kunyit yang dijadikan minuman juga banyak termasuk dalam teh dan susu kunyit. Kunyit sering disarankan sebagai suplemen yang efektif mengurangi efek buruk arthritis karena kandungan anti-inflamasinya yang tinggi.

Jahe

Selain kunyit, jahe juga obat diabetes dari bahan herbal yang sering disarankan oleh ahli kesehatan. Nah, meskipun rasanya agak sedikit pedas dan panas, jahe adalah sumber anti-inflamasi terbaik yang bisa ditemukan di sekitar kita dengan mudah.

Chia seed dan walnut

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah salah satu makanan dengan kandungan anti-inflamasi yang tinggi. Dari banyak jenis biji-bijian dan kacang-kacangan yang ada chia seed dan walnut yang paling banyak disarankan. Chia seed memiliki asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 dalam jumlah tinggi serta tentu saja anti-inflamasi. Sedangkan walnut mendapat predikat sebagai kacang tersehat karena memiliki konsentrasi tinggi sejumlah antioksidan dan asam lemak omega 3.

Sayuran berdaun hijau

Tentu saja tidak ketinggalan semua jenis sayuran berdaun hijau. Sayuran daun hijau selalu memiliki kandungan berbagai nutrisi lengkap seperti vitamin K, vitamin yang dihubungkan dengan pengurangan inflamasi.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/jangan-hanya-berharap-pada-obat-pasien-diabetes-harus-mulai-kurangi-gula/