OBAT HERBAL UNTUK DIABETES DALAM SEBATANG SELEDRI

Nutrisi dalam seledri

Sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan, seledri ternyata bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes tipe 2. Seledri sendiri disebut-sebut sangat bermanfaat sebagai salah satu makanan diet rendah kalori yang bisa dijadikanan makanan utama, snack hingga minuman. Nutrisi seledri sebagai obat herbal untuk diabetes sendiri juga lengkap sehingga bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu nutrisi dari seledri adalah jumlah kalorinya yang terhitung rendah, hanya 16 setiap 100 gram. Seledri juga sumber vitamin K yang tinggi, vitamin C, vitamin B6 dan mineral penting seperti potassium dan folat. Dalam setiap satu cup seledri yang telah dicincang terdapat 1.5 gram serat dietary yang baik untuk mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi seledri sebagai obat herbal untuk diabetes juga termasuk aman karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Vitamin K dalam seledri penting untuk pengentalan darah, membangun tulang yang kuat dan mencegah penyakit jantung. Potassium adalah kunci penting untuk mempertahankan kesehatan jantung sekaligus mengendalikan tekanan darah. Vitamin C memperbaiki sistem imun dan meningkatkan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit. sedangkan vitamin B6 yang terkandung dalam seledri adalah coenzyme yang dibutuhkan untuk 100 enzim lain termasuk metabolisme protein. Seledri sendiri juga kaya akan air dan serat sehingga bagus sebagai makanan yang membersihkan pencernaan saat diare.

 

Seledri dan diabetes tipe 2

Antioksidan dalam seledri adalah salah satu bentuk manfaat obat herbal untuk diabetes yang bisa mengurangi inflamasi. Inflamasi memang salah satu penyebab berbagai penyakit kronis termasuk salah satunya adalah diabetes tipe 2. Selain itu ditemukan pula Apigenin yang setelah diteliti merupakan salah satu komponen yang efektif mengurangi inflamasi dan sekaligus mendorong kesehatan otak.

Lebih jauh lagi, seledri ternyata juga dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kesehatan liver. Seledri sendiri juga mengandung antimikroba yang membantu melawan infeksi yang sering ada pada pasien diabetes tipe 2. Dalam seledri juga ditemukan flavonoid yang membantu mencegah kanker. Memang banyak manfaat kesehatan yang ditemukan dari seikat seledri.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/diabetes-tipe-1-dan-obat-diabetes-selama-sehari/