MASIH PUNYA PERTANYAAN APAKAH OBAT HERBAL UNTUK DIABETES ALTERNATIF TERBAIK?

Obat Herbal Untuk Diabetes

Saat mengalami permasalahan dalam hidup sangat wajar jika kita terus memikirkan solusi agar masalah tersebut segera terselesaikan dengan baik. Sama hal nya saat kita tengah mengalami penyakit tertentu, kondisi tersebut mendorong kita untuk memikirkan solusi yang terbaik dan mengawalinya dengan mencari informasi. Terkadang kita sudah menemukan solusinya, tapi satu atau dua hal masalah baru tiba-tiba menimbulkan pertanyaan lebih lanjut. Seperti saat kita menemukan jalan alternatif pengobatan diabetes melalui obat herbal, pertanyaan apakah obat herbal untuk diabetes dapat menjadi alternatif terbaik? Dalam artikel ini akan dibahas jawabannya, simak ya.

Diabetes Miletus sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Penyakit tersebut kerap makin akrab diperbincangkan tidak hanya dalam lingkup atau kelompok kecil tertentu namun ternyata Diabetes Miletus telah menjadi topik penting yang banyak dibahas diseluruh dunia. Karena secara global jumlah penderita diabetes mellitus dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan, tanpa terkecuali di Indonesia. Selain karena prevalensi yang terus meningkat diabetes Mellitus juga merupakan penyakit yang berisiko tinggi akan komplikasi yang tidak disadari oleh penyandangnya sehingga diaDiabetes Miletus juga dikenal sebagai penyakit silent killer.

Tak heran berbagai usaha dan upaya terapi atau pengobatan dilakukan baik oleh berbagai organisasi kesehatan maupun oleh penderita diabetes itu sendiri. Harapannya adalah mengurangi keluhan diabetes melitus dan menghindari risiko komplikasi.

Selain pengobatan konvensional, penderita diabetes juga dapat memanfaatkan pengobatan tradisional atau herbal dalam usaha pengendalian penyakitnya. Sebagian masyarakat masih manfaatkan adanya pengobatan herbal ini, namun sebagian masyarakat lainnya ada yang memiliki sejumlah pertanyaan tentang apakah obat herbal mampu diandalkan menjadi alternatif pengobatan.

Pengobatan herbal terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada dasarnya Pengobatan herbal didukung oleh pemerintah karena pengobatan herbal dapat menjadi komplemen (pelengkap) dari pengobatan modern.

Pengobatan tradisional terus berkembang sebagai alternative lain dari pengobatan modern mauapun sebagai komplemen (pelengkap) dari pengobatan modern. Bisnis pengobatan tradisional yang berkembang pesat antara lain bisnis pijat dan obat tradisional atau obat herbal. Data dari dinas kesehatan kabupaten sleman menyebutkan jumlah pengobat tradisional yang terdaftar dari tahun ke tahun semakin bertambah. Hal ini membuktikan bahwa praktik pengobatan tradisional terus berkembang.

Dukungan pemerintah juga tertuang dalam peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1076/Menkes/SK/2003 Tentang Pengobtan Tradisional dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1109/Menkes/PER/IX/2007 Tentang Penyelenggaraan Pengobatan Komplementer-Alternatif di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Di beberapa rumah sakit Pendidikan complementary and alternative therapy sudah mulai diterapkan. Dokter mendiagnosis pasien dengan cara konvensional, lalu dokter meresepkan obat tradisional dan menyarankan terapi komplementer yang lain

Adapun alasan mengapa obat herbal belum diterima sebagai rekomendasi oleh medis diantaranya karena pengobatan modern dilakukan berdasarkan pada pengetahuan, bukti klinis dan pengkajian ilmiah yang mendalam sedangkan beberapa obat herbal dianggap sebagai pengobatan turun menurun tanpa penelitian ilmiah dan uji klinis.

Secara umum memilih Obat Herbal Untuk Diabetes adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Legalitasnya

Pengawasan Obat oleh pemerintah Indonesia berada dibawah Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau yang kita kenal BPOM. Pengawasan yang dilakukan mencangkup pengawasan pre-market dan post-market. Untuk mendapatkan izin edar dari BPOM tentu telah melewati serangkaian pengujian dari berbagai aspek.

  1. Pastikan Standar Porduksinya

Untuk menjamin suatu obat herbal telah memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya ada standarisasi produksi melalui CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik). Salah satu tujuan standar CPOTB adalah untuk melindungi masyarakat dari hal-hal yang merugikan kesehatan sebagai akibat dari pembuatan obat tradisional yang tidak memenuhi syarat mutu.

Obat Herbal dengan kriteria diatas tentu aman dan dapat menjadi solusi alternatif dalam membantu penekanan keluhan Diabetes Melitus.