OBAT UNTUK DIABETES ALAMI DARI GAYA HIDUP SEHAT

Gaya hidup sehat ternyata membantu banyak dalam menjaga kestabilan gula darah sama seperti peran obat untuk pasien diabetes. Dengan melakukan berbagai perubahan dalam gaya hidup sehari-hari bisa membawa perubahan besar pada kondisi gula darah.

Obat yang diresepkan untuk pasien diabetes dimaksudkan untuk mengendalikan gula darah agar tidak berada dalam level tertinggi dalam waktu lama. Namun gaya hidup sehat menjaga gula darah tetap stabil sekaligus menyehatkan seluruh badan. Pasien diabetes terkenal mudah sekali sakit dan terserang berbagai infeksi sehingga dibutuhkan pertahan tubuh yang lebih kuat dengan memperbanyak pola hidup sehat. Lalu apa sajakah gaya hidup sehat yang harus mulai dibiasakan mulai sekarang?

 

Tidur cukup dan teratur

Ternyata tidur adalah salah satu cara untuk menjaga gula darah tetap stabil, maka selalu usahakan untuk mendapat tidur nyenyak yang cukup dan teratur. Apakah tidur yang cukup sepenting itu?

Sangat penting. Apapun bentuk pengobatannya untuk pasien diabetes, mengonsumsi obat herbal atau berbahan kimia, melakukan berbagai aktifitas fisik dan diet rutin, semua baru bisa berhasil ketika tubuh memiliki jam tidur yang cukup. Semua nutrisi dalam tubuh bekerja ketika tubuh beristirahat dengan cukup dan tidur teratur. Rata-rata manusia membutuhkan 7 sampai 8 jam tidur setiap harinya atau seberapapun dibutuhkannya tetapi jangan sampai kurang dari 7 jam.

Minum air putih sebagai obat untuk diabetes

Bagi pasien diabetes yang sudah pasti sulit mengonsumsi beberapa jenis minuman tanpa menaikan gula darahnya sebaiknya mulai beralih ke air putih. Air putih adalah minuman paling menyehatkan bagi pasien diabetes karena tidak mengadung karbohidrat atau kalori sedikitpun. Karena itu selain menjaga gula darah tetap stabil, air putih bisa juga membantu menurunkan berat badan dan melancarkan sirkulasi darah.

Salah satu masalah yang dialami pasien diabetes adalah seringnya buang air kecil yang berakibat pada banyaknya cairan yang keluar. Lama-kelamaan tubuh akan mengalami dehidrasi karena banyaknya cairan yang terbuang. Tidak hanya dehidrasi, nutrisi penting tubuh juga akan sulit beredar karena tidak adanya cairan yang membantu membawa nutrisi tersebut ke seluruh tubuh. Obat untuk diabetes dan diet tidak akan membantu banyak jika tubuh tetap kekurangan cairan. Minumlah minimal 4 sampai 5 liter air setiap hari.

Makan malam

Beberapa orang mungkin merasa harus menghindari makan malam, tapi ternyata makan malam sama pentingnya dengan sarapan. Ketika tidak mengonsumsi makan makan, kadar glukosa akan turun setelah tidur dan ini menciptakan ketidakseimbangan insulin yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Makan malam itu penting jika menu yang dipilih adalah menu yang sehat serta aman bagi pasien: susu rendah lemak, yogurt tanpa lemak, roti gandum utuh, almond atau telur. Menu makanan ini mengandung tinggi protein, karbohidrat dan lemak sehat sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan bahkan saat tidur.

Tips sederhana ini sangat berguna meningkatkan peran obat untuk mengendalikan diabetes. Kadar glukosa tidak hanya bisa dikendalikan dengan obat, tapi didukung pula oleh gaya hidup yang lebih baik.

 

Baca juga: OBAT DIABETES RUTIN DAN SARAN PENTING UNTUK DIABETES