PASIEN DIABETES KETIKA MENGHADAPI HARI-HARI SAKIT

Menjaga kesehatan bagi pasien diabetes memang penting adanya, tetapi terkadang ada kondisi yang tidak terhindarkan sehingga pasien jatuh sakit. Tentu saja kondisi ini bisa jadi berbahaya karena daya tahan tubuh pasien diabetes yang tidak sebaik orang-orang tanpa diabetes. Penyakit biasa seperti flu mungkin bisa jadi mengarah pada kondisi kesehatan lain yang lebih berbahaya. Nah, makanya jangan pernah menganggap remeh kondisi ketika tubuh sedang tidak fit sesederhana apapun kondisi tersebut.

Sakit atau sedang tidak fit membuat kadar gula darah sulit dikontrol. Demam, flu, muntah-muntah atau bahkan masuk angin bisa menjadi masalah serius bagi pasien diabetes. Jadi berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya diingat ketika suatu hari tiba-tiba jatuh sakit atau sedang tidak enak badan.

 

Makan makanan yang sehat dan bergizi

Masalah utama ketika jatuh sakit adalah tidak nafsu makan. Ini akan jadi masalah besar mengingat pasien diabetes harus makan sesuai jam yang telah ditentukan untuk menjaga gula darah tetap stabil. Melewatkan waktu makan bisa membuat gula darah melonjak naik dan ini akan memperparah kondisi kesehatan pasien.

Pada saat sakit tubuh memang jadi lemah dan lesu, tetapi yang paling penting adalah tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tubuh yang sangat membutuhkan asupan nutrisi penting agar tetap fit melawan infeksi, virus dan bakteri yang ada dalam tubuh. Pasien diabetes harus tetap makan sesuai diet meal plan yang dibuat demi menguatkan tubuh dan menjaga agar gula darah tetap stabil.

Minum cairan yang tidak berkafein

Setiap satu jam sekali tubuh harus mendapat asupan cairan tanpa kafein atau paling tidak air putih. Ketika sakit tubuh akan sangat lemah karena kekurangan cairan. Maka jangan sampai tubuh kekurangan cairan karena justru akan semakin membuat sistem imun ikut lemah.

Kenapa harus minuman tanpa kafein? Karena kafein justru menyerap lemak lebih banyak, sehingga bukannya mendapat cukup cairan, tubuh justru semakin lemah karena kekurangan cairan.

Membuat catatan

Ketika sedang sakit seperti ini buatlah catatan untuk beberapa hal berikut ini:

Catatan makanan apa yang dimakan serta minuman yang dikonsumsi setiap hari. Ini untuk membuat rekaman apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh dan apakah makanan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Catat juga kadar gula darah setiap empat jam sekali. Penting untuk memastikan bahwa gula darah tetap dalam keadaan stabil. Memiliki gula darah tinggi dalam keadaan sakit bisa membuat kondisi semakin parah. Begitu juga ketika gula darah mendadak rendah, gula darah rendah saja sudah bisa membuat seseorang lemah sampai hilang kesadaran, apalagi jika ditambah dengan sakit lainnya.

Catat kadar keton dalam tubuh jika menggunakan insulin setiap empat jam sekali.

Ketika sakit memang sebaiknya segera meminta bantuan dokter ahli untuk menentukan langkah selanjutnya yang lebih aman. Paling tidak pergilah ke dokter ketika:

  • Tidak dapat memakan makanan apapun (sulit menelan atau dimuntahkan lagi) dan minum cairan apapun.
  • Sering muntah dan diare.
  • Terlalu lemah untuk menggunakan obat diabetes.
  • Sulit mengontrol gula darah dan memiliki keton yang tinggi.

Kondisi ini harus ditangani oleh dokter ahli agar tidak membahayakan nyawa pasien diabetes. Jadi perhatikan baik-baik. Meskipun sakitnya kecil dan sederhana, kondisi diabetes bisa membuat penyakit ini jadi lebih parah. Jangan remehkan penyakit kecil, segera hubungi dokter jika memang ragu-ragu.

 

Baca juga: DIMANA DAN BAGAIMANA CARA KERJA OBAT DIABETES YANG DISUNTIKAN