REMPAH-REMPAH BERKHASIAT SEBAGAI OBAT DIABETES DAN PENYAKIT LAIN SERTA CARA MENGOLAHNYA

Rempah-rempah berkhasiat

Banyak rempah-rempah yang jika ditelusuri ternyata memiliki manfaat sebagai obat diabetes namun jarang sekali digunakan secara maksimal sebagai obat diabetes atau untuk mengatasi penyakit lainnya. Rempah-rempah dalam daftar berikut ini selain menjadi obat diabetes, patut dicoba jika merasa ada keluh lain pada tubuh. Dengan disertai cara penggunaannya yang mudah dilakukan di rumah.

 

Jahe

Jahe memang banyak digunakan sebagai obat diabetes, tetapi jahe bisa juga bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan, mabuk laut, migraine, melawan kanker dan mengurangi inflamasi.

Penggunaan jahe sendiri seringnya dengan cara diparut lalu dijadikan bahan untuk melumuri ikan yang akan digoreng, dimasukan dalam smoothie atau saus celup untuk beberapa masakan seafood. Tetapi cara memanfaatkan jahe lainnya bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam applesauce atau dessert yang enak dan sehat bagi pasien diabetes. Untuk membuat manfaatnya semakin bertambah, cobalah membuat jahe sebagai campuran dalam teh karena teh juga baik bagi kesehatan pasien diabetes.

Kayu manis

Satu lagi obat diabetes yang paling sering digunakan yaitu kayu manis karena kayu manis memang dapat menurunkan kadar gula darah. Kayu manis juga merupakan rempah-rempah untuk mencegah kanker, menguatkan sistem kardiovaskular, memudah sikuls mestruasi hingga memperbaiki sistem imun.

Cara menggunakan kayu manis biasanya dijadikan campuran bersama teh pengganti gula atau dijadikan taburan di atas dessert dan minuman seperti smoothie agar rasanya lebih enak. Tetapi ternyata di beberapa tempat kayu manis dapat dijadikan bahan untuk melumuri kambing jika dicampur dengan rempah-rempah lain untuk membuat daging memiliki rasa yang lebih eksotis.

Jinten

Jinten adalah salah satu rempah yang mudah ditemukan di Indonesia dan berkhasiat banyak salah satunya sebagai obat diabetes. selain menjadi obat diabetes, jinten memiliki manfaat besar lain seperti: memperbaiki pencernaan, mengatasi keracunan makanan, melancarkan ASI, hingga membantu mengatasi permasalahan pada kulit seperti eczema, jerawat dan kulit kering.

Orang Indonesia sudah sering kali menggunakan jinten sebagai campuran dalam sup atau semur. Tetapi ada banyak resep lain yang memakai jinten sebagai bahan masakannya seperti masakan Meksiko atau masakan India.

Kunyit

Kunyit adalah bahan alami untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam liver dan mempercepat penyembuhan luka. Dalam kunyit juga mengandung berbagai zat yang bisa menyembuhkan sakit kepala, bertindak sebagai decongestant, anti kanker, serta memperlambat terjadinya Alzheimer.

Kunyit bisa digunaka untuk menjadi beberapa jenis sup dan semur, atau bisa juga dicampurkan dengan masakan berbahan telur. Di beberapa negara orang senang membuat saus, dressing atau bumbu celup menggunakan kunyit.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/obat-diabetes-dalam-herbal-antiviral/