RESEP OBAT DIABETES HERBAL AKHIR MINGGU: JUS PARE

Pare dan manfaatnya untuk diabetes

Obat diabetes herbal yang terkenal salah satunya adalah dengan menggunakan pare. Pare memang terasa pahit ketika dimakan, tetapi ternyata manfaatnya cukup besar bagi pasien diabetes. Ada banyak komponen yang masuk dalam pare, tetapi ada tiga komponen aktif yang menjadikannya sebagi obat diabetes herbal alami. Komponen tersebut adalah polypeptide-p, vicine, and charatin, yang mirip dengan insulin dalam tubuh manusia dan membantu sel-sel tubuh untuk mengambil molekul gula, meningkatkan pengeluaran insulin, menstimulasi liver dan otot glycogen sintetis serta menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh. Sementara molekul lain, momorodin, membantu dalam mengelola metabolisme glukosa dan penyimpanan asam lemak.

Dalam dunia modern ini, sebuah penelitian menguji cobakan tablet dari pare pada pasien diabetes dan mencatat kondisi gula darah puasa pasien diabetes, gula darah dua jam post-pardinal, glycosylated hemoglobin, fungsi ginjal dan liver dan lipid darah. Hasilnya, tablet pare banyak membantu dalam menurunkan kadar gula darah serta menunjukan peningkatan dalam kadar triglyserida.

Terlihat jelas bagaimana penggunaan pare sebagai obat diabetes herbal telah dipercaya sejak jaman dulu dan sekarang dibuktikan dengan kehadiran teknologi modern. Sayangnya penggunaan pare sebagai obat diabetes herbal masih terhalang dengan rasanya yang pahit. Lalu bagaimana menjadi pare sebagai obat diabetes herbal yang lebih ramah di lidah?

 

Jus pare

Ini adalah cara tercepat dan termudah mempersiapkan jus pare untuk pasien diabetes di rumah.

Bahan pembuatan:

2-3 buah pare segar

½ potong jeruk nipis

¼ sendok teh bubuk kunyit

Sejumput pink Himalayan salt

Cara pembuatan:

Cuci pare sampai bersih lalu kelupas kulitnya. Ada beberapa orang yang tidak keberatan dengan kulit pare, jadi tidak masalah untuk membiarkan kulitnya.

Belah pare secara vertikal, bersihkan bijinya sampai benar-benar bersih lalu potong-potong pare menjadi potongan kecil-kecil.

Rendam semua potongan tersebut dalam air selama kira-kira 10 menit. Tambahkan ½ sendok teh garam ke dalamnya.

Angkat potongan pare dari dalam air menggunakan sendok atau saringan dan masukan dalam blender. Blender hingga menjadi jus yang halus.

Tuangkan jus ke dalam gelas dan tambahkan sejumput pink Himalayan salt serta kunyit dan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga tercampur rata sebelum diminum.

Jika masih takut rasa parenya akan mengganggu atau memiliki pencernaan yang sensitif dan tidak dapat memproses makanan tinggi serat, jus pare ini dapat lebih dahulu disaring.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/obat-alami-dalam-bentuk-kurma-berikut-ini-adalah-manfaat-dan-efek-kurma-untuk-diabetes/