RESEP OBAT HERBAL DIABETES DARI BAHAN KAYU MANIS

Jenis-jenis kayu manis

Sebelum menjadikan kayu manis sebagai obat herbal diabetes perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis kayu manis yang perlu diketahui. Kayu manis memang bisa memberi manfaat untuk mengembalikan kondisi pengeidap diabetes, namun semua itu kembali pada jenis kayu manis yang digunakan. Ketika akan mengonsumsi kayu manis harus berhati-hati pada kandungan coumarin yang terdapat di dalamnya. Coumarin adalah komponen dalam kayu manis yang dapat menyebabkan keracunan pada liver pada beberapa kasus tertentu.

Salah satu jenis kayu manis adalah cassia cinnamon. Dari segi rasa, cassia terbilang kurang manis, halus, sedikit pahit dan beraroma tajam. Sering disebut sebagai  Chinese cinnamon karena banyak digunakan sebagai media pengobatan Cina seperti mengobati batuk, menghilangkan dahak, dan berbagai penyakit lainnya. Kandungan coumarin dalam kayu manis sendiri sekitar 0,31 gram/kg.

Jenis kayu manis lainnya adalah Ceylon cinnamon. Pohon Ceylon akan mengelurkan aroma kayu manis yang sangat tajam ketika kulit luarnya dikelupas. Kandungan coumarinnya sekitar 0.017 gram/kg dan termasuk yang paling sedikit di antara jenis lain. Ceylon ditemukan 250 kali kurang kayu manis dibandingkan cassia yang faktanya lebih sedikit mengandung resiko masalah kesehatan.

Baik cassia maupun Ceylon masuk dalam daftar rempah-rempah yang aman untuk dikonsumsi meskipun tidak ada jumlah spesifik berapa yang harus dikonsumsi. Namun menurut penelitian mengonsumsi cassia lebih dari 2 gram sehari dapat menyebabkan efek samping. Tetapi hal ini tidak lantas menyurutkan niatan untuk menjadikan kayu manis sebagai obat herbal diabetes yang bisa dijadikan resep enak dan aman.

 

Cinnamon dan yogurt

Bahan yang dibutuhkan: yogurt tanpa rasa dan bebas lemak, 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan ½ sendok teh stevia.

Cara pembuatan: campurkan semua bahan menjadi satu dan diamkan dalam suhu ruangan kira-kora 15 menit sebelum dikonsumsi.

Teh jahe kayu manis

Ini adalah resep obat herbal diabetes berbahan kayu manis yang paling banyak disukai semua orang. Bahan yang dibutuhkan: 1 jahe seukuran ibu jari, 2 sendok makan lemon segar, 1 batang Ceylon, 1 sendok teh madu murni dan 1 ½ cup air putih.

Cara pembuatan: potong-potong jahe menjadi potongn tipis-tipis kemudian masukkan dalam panci air mendidih. Turunkan api menjadi api yang paling kecil dan tambahkan kayu manis, biarkan selama 5 menit. Saring campuran tersebut ke dalam gelas kemudian tambahkan jeruk lemon dan madu lalu aduk. Cara yang mudah dan sangat cepat untuk dibuat.

Sumber: stylecraze.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/bagaimana-menggunakan-kayu-manis-sebagai-obat-herbal-untuk-diabetes/