SAYURAN RENDAH KARBOHIDRAT AMAN UNTUK GULA DARAH TINGGI

Sayuran jadi salah satu makanan yang bisa membantu mengelola kadar gula darah tinggi. Konsumsi sayuran hijau dipercaya mampu menjaga gula darah tetap stabil dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah dan membuat perut kenyang lebih lama. Tetapi tidak semua sayuran aman untuk dikonsumsi karena tentu saja tidak semua mengandung karbohidrat dalam jumlah yang sama. Jadi mari melihat lagi sayuran apa saja yang aman bagi pasien diabetes dengan kandungan karbohidrat rendah.

 

Sayuran rendah karbohidrat

Sayur dengan karbohidrat terendah adalah bayam. Sayuran berdaun hijau rata-rata memang rendah karbohidrat dan bayam adalah salah satunya. Dengan daunnya yang hijau ini bayam memiliki karbohidrat rendah namun tinggi akan serat, protein dan antioksida. Bayam makanan yang banyak disarankan sebagai makan untuk meningkatkan energi. Konsumsi bayam dalam jumlah cukup membantu tubuh dalam melawan radikal bebas serta menjaga kesehatan jantung.

Yang berada di peringkat selanjutnya adalah alpukat, asparagus dan lettuce. Sayuran ini memiliki tingkat karbohidrat rendah dan kandungan protein yang tinggi. Alpukat adalah salah satu makanan yang aman bagi pasien diabetes karena selain berkarbohidrat rendah, alpukat tinggi namun tinggi kandungan serat dan lemak sehatnya. Konsumsi alpukat sangat disarankan bagi pasien diabetes karena kandungan lemak baiknya bisa menjaga perut kenyang lebih lama tanpa meningkatkan gula darah.

Peringkat berikutnya adalah timun, zaitun, terong, paprika hijau, bunga kol, tomat, kobis dan kale. Kesemua sayuran ini memiliki kandngan karbohidrat setara dan masih termasuk aman jika dikonsumsi oleh pasien diabetes. Banyak orang menggunakan campuran sayuran ini untuk membuat salad yang sehat sekaligus mengenyangkan.

Selajutnya ada sayuran dengan kandungan karbohidrat lebih tinggi namun masih termasuk kategori karbohidrat rendah. Apa saja? Ada buncis, brokoli, dan paprika merah. Sebagai informasi tambahan, brokoli termasuk dalam kelompok makanan tersehat di dunia. Dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat rendah, brokoli sangat cocok untuk dikonsumsi pasien diabetes tanpa takut menyebabkan gula darah tinggi.

Peringkat kelima ada paprika kuning dan Brussel sprout sebagai sayuran dengan kandungan karbohidrat rendah. Brussel sprout mungkin jarang ditemukan di Indonesia, tetapi paprika kuning bisa dijadikan campuran salad bersama paprika lainnya.

Maka sekarang saatnya untuk mulai mempertimbangkan konsumsi sayuran dengan jumlah karbohidrat rendah. Karbohidrat yang terhitung ini adalah karbohidrat dalam 100 gram sajian. Jadi, yuk, mulai buat daftar sayuran yang mulai sekarang harus ada dalam makanan sehari-hari.

 

Baca juga: GULA DARAH TINGGI DAN KARBOHIDRAT, DIMANA HUBUNGANNYA?