SELAIN OBAT, MAKANAN BERBUMBU YANG SATU INI BAGUS UNTUK PASIEN DIABETES

Diabetes bisa dikendalikan dengan berbagai diet sehat, obat dan gaya hidup baru. Obat diabetes sendiri semakin berkembang untuk mengikuti gaya hidup yang ingin tubuh lebih banyak menerima manfaat herbal daripada kimia. Berbagai jenis obat herbal diabetes saat ini juga dirancang dengan berbagai manfaat yang diambil dari tanaman herbal. Dua tanaman herbal yang paling sering disarankan untuk pasien diabetes adalah kunyit dan kayu manis. Dalam meal plan diabetes sebaiknya coba memasukan salah satu masakanan yang mengandung kayu manis dan kunyit sekaligus untuk mendapat manfaatnya.

 

Pilihan makanan untuk diabetes

Seorang ahli nutrisi mengklaim bahwa kari ternyata membantu banyak untuk menghindari gula darah naik dengan cepat. Menurut Dr Sarah Brewer, CuraLin nutritionist, mengatakan bahwa kari buatan sendiri dengan menggunakan berbagai bumbu seperti kayu manis, fenugreek, cabai dan kunyit ternyata memiliki manfaat besar untuk mengontrol glukosa.

Kari dianggap sebagai salah satu makanan yang memiliki manfaat tinggi untuk pasien diabetes karena kandungan bumbu-bumbunya yang bisa jadi obat herbal. Kari terbuat dari berbagai bumbu yang mampu mengontrol kadar gula darah yaitu cabai dan kunyit, begitu menurut Dr Sarah Brewer. Namun yang harus diingat adalah pasien diabetes harus mengonsumsi kari dengan nasi merah atau beras coklat karena nasi putih mengandung banyak karbohidrat. Beras coklat adalah pilihan terbaik untuk pasien diabetes menurut Diabetes UK.

Kayu manis yang digunakan dalam masakan mengandung antioksidan polyphenol yang meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin, sementara kehadiran kunyit akan memperbaiki produksi insulin.

Untuk semakin memperbaiki keadaan dan menghindari gula darah yang baik, sebaiknya pasien diabetes juga banyak-banyak memakan sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah. Sayuran dengan indeks glikemik rendah tidak akan menaikan gula darah dengan cepat. Tidak hanya sayuran tentu saja, tapi termasuk buah-buahan, susu, sereal dari gandum utuh dan roti yang aman bagi pasien diabetes.

Pastikan bahwa dalam meal plan, selain memasukan kari, masukan juga paling tidak lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/flu-dan-diabetes-penyakit-yang-butuh-obat-segera/