SUNTIKAN RUTIN CEGAH PENYAKIT DIABETES

Mengingat orang dengan diabetes mudah sakit, membuat berbagai tindakan untuk cegah penyakit diabetes adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk cegah penyakit diabetes adalah mendapat suntikan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Kadar gula darah kadang lebih sulit dikendalikan ketika tubuh sedang tidak fit atau sedang sakit. Sakit kecil seperti flu, deman, dan masuk angin bisa jadi sesuatu yang besar bagi pasien diabetes karena gula darah jadi lebih sulit dikendalikan dan tubuh rentan terhadap virus atau bakteri lain. Maka, untuk cegah semakin parahnya penyakit diabetes pasien bisa mencoba dengan melakukan beberapa suntikan vaksin atau substansi lain yang bisa menjaga agar tubuh tetap dalam keadaan fit. Tentu saja bukan berarti pasien diabetes tidak sakit sama sekali, namun jika tiba-tiba jatuh sakit akan lebih cepat sehat dan kondisinya tidak bertambah parah.

Suntikan apa saja yang bisa didapatkan pasien diabetes dan kapan saja waktunya? Berikut ini adalah daftar suntikan yang bisa didapatkan pasien diabetes untuk menjaga kondisi tubuhnya dan cegah berbagai penyakit.

 

Suntikan flu

Siapa saja yang bisa mendapatkan suntikan ini? Siapapun yang sudah berusia di atas 6 bulan. Tidak harus orang dengan diabetes, mereka yang tanpa diabetes juga bisa mendapatkannya.

Kapan? Suntikan flu bisa dilakukan setiap tahun. Konsultasikan dengan dokter kapan waktu yang tepat untuk mendapat suntikan flu.

Suntikan pneumonia

Sipa saja yang bisa mendapatkan suntikan ini? Semua orang dengan diabetes setelah usia 2 tahun.

Kapan? Sekali saja, jika memungkinkan sebelum usia 65 tahun. Suntikan untuk pneumonia sebaiknya dilakukan di antara usia 2 sampai 65 tahun.

Suntikan hepatitis B

Siapa saja yang bisa mendapatkan suntikan ini? Mereka yang sudah dewasa atau berusia di antara 19 sampai 59 tahun.

Kapan? Biasanya untuk suntikan hepatitis diberikan dalam satu rangkaian.

Suntikan tetanus

Siapa yang bisa mendapatkan suntikan ini? Semua orang yang sudah dewasa bisa mendapatkan suntikan tetanus.

Kapan? Suntikan tetanus biasanya diberikan setiap 7 sampai 10 tahun sekali.

 

Imunisasi anak-anak

Nah, sebagai tambahan pengetahuan saja, ada beberapa imunisasi yang bisa diberikan sejak kecil sehingga ketika dewasa tubuh bisa lebih siap saat menghadapi situasi sakit. Beberapa imunisasi saat kecil adalah:

  • Rubella
  • Tetanus
  • Cacar
  • Polio