TEMUKAN MANFAAT OBAT DIABETES HERBAL DARI DAUN KARI

Daun kari

Curry leaves atau daun kari atau di Indonesia bisa dikenal dengan nama salam koja ternyata dapat digunakan sebagai obat diabetes herbal yang cukup efektif. Daun kari sendiri saat ini banyak digunakan diberbagai belahan dunia sebagai bumbu masakan disamping sebagai obat herbal untuk diabetes. Dalam daun kari terkandung banyak nutrisi penting seperti karbo, serat dan nutrisi lain yang berperan besar untuk melawan bakteri dan infeksi.

Tetapi bagi pasien diabetes, daun kari yang terpenting adalah manfaatnya sebagai obat herbal yang mengontrol kadar gula darah. Dari berbagai penelitian yang dilakukan di tahun 2000an, daun kari memiliki kandungan yang bertanggung jawab dalam melambatkan pemecahan glukosa pada pasien diabetes. Dengan kata lain, jika diolah dengan benar, daun kari adalah obat diabetes herbal yang efektif mengontrol masuknya gula dalam darah.

 

Mengolah daun kari

Sebenarnya untuk mengonsumsi daun kari sebagai obat diabetes herbal ada banyak cara, tergantung seberapa seringnya menggunakan daun kari sebagai bumbu masakan. Tetapi ada satu cara yang paling umum dan paling sering digunakan untuk mengolah daun kari itu yaitu dengan menjadikannya minuman teh.

Untuk membuatnya, cukup siapkan daun kari mentah yang dibeli dari supermarket. Rebus segelas air lalu tambahkan kira-kira 30 lembar daun kari ke dalam air. Biarkan daun direbus selama beberapa jam. Setelah itu saring airnya untuk mengambil daun kari yang tadi direbus. Untuk membuat rasanya lebih enak, tambahkan lemon atau madu sebagai pelengkap.

Yang perlu diperhatikan adalah, teh dari daun kari ini tidak boleh diminum dalam keadaan perut kosong.

Saat akan menggunakan daun kari sebagai obat diabetes herbal tentu saja sama seperti ketika akan menggunakan obat herbal lain jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter. Penggunaan obat herbal jenis apapun harus selalu dengan persetujuan dokter ahli dan tidak boleh melebih batas wajar karena dokter lebih mengerti kondisi masing-masing pasien. Meskipun daun kari memiliki manfaat yang menyehatkan, kemungkinan bahan-bahan yang terkandung di dalam herbal satu ini akan mengganggu kerja dari obat diabetes yang telah diberikan dokter sebelumnya.

 

Baca juga: https://yakon.co.id/kebiasaan-sehari-hari-yang-bantu-obat-kendalikan-diabetes/