TENTANG DIABETES TIPE 1 DAN 2 SERTA PERAN OBAT DIABETESNYA

Obat diabetes dibuat untuk membantu memudahkan hidup pasien diabetes karena obat diabetes tidak benar-benar bisa menyembuhkan diabetes. Obat diabetes juga dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi pada pasien diabetes. Diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki perbedaan yang cukup jelas, tetapi ternyata selain itu ada diabetes tipe 1 dan 2 ada juga beberapa jenis penyakit diabetes lain yang diketahui. Memilih obat diabetes tentu juga harus dibarengi dengan pemahaman tentang perbedaan diabetes itu sendiri.

 

Tipe 1

Diabetes tipe 1 biasanya mulai terdiagnosa sejak masih kanak-kanak, tetapi sebenarnya penyakit ini juga bisa didiagnosa pada usia berapapun. Asal penyakit adalah ketika sistem imun dalam tubuh menghancurkan semual sel beta yang diproduksi oleh tubuh sendiri. Karena penyakit ini berasal dari kelainan yang dialami tubuh maka sulit untuk menyembuhkan penyakit ini hingga bersih.

Metode pengobatan yang dimungkinkan dari diabetes tipe 1 adalah penggunaan suntikan insulin secara rutin untuk bertahan hidup. Suntikan insulin adalah satu-satunya cara untuk menjaga pasien diabetes tidak kekurangan insulin yang memang dibutuhkan tubuh sehingga penyakit ini tidak dapat dikontrol tanpa insulin. Selain tidak bisa dikontrol tanpa insulin, diabetes tipe 1 juga tidak dapat dicegah.

Tipe 2

Penyakit ini umumnya mulai didiagnosa ketika seseorang berusia lebih dari 40 tahun, tetapi tentu saja ada kemungkinan didiagnosa sebelum itu. Kemungkinan penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang resistan terhadap insulin atau tidak menggunakan insulin dengan semestinya. Umumnya hal ini tidak terjadi dari lahir tetapi akibat dari perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Karena berasal dari kebiasaan hidup yang kurang teratur, maka cara untuk mengobati diabetes tipe 2 adalah dengan memulai program diet sehat, olahraga dan mengonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter. Seiring berjalannya waktu pasien diabetes tipe 2 juga mungkin akan membutuhkan suntikan insulin.

Metode pencegahan bagi diabetes tipe 2 adalah dengan memulai gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah salah satu cara paling banyak dilakukan untuk mengurangi resiko diabetes tipe 2. Beberapa pasien diabetes tipe 2 juga dapat mengonsumsi obat diabetes dengan aturan yang telah ditetapkan dokter lalu mendapatkan kesembuhannya lagi. Tetapi hal itu tidak terjadi pada semua pasien diabetes tipe 2.

Diabetes lain

Ada tahapan ketika seseorang menunjukan gejala mengarah ke diabetes tipe 2 yang disebut prediabetic.

Gestasional diabetes adalah bentuk diabetes di masa kehamilan

Sumber: diabetes.co.uk

 

Baca juga: https://yakon.co.id/kenali-tanda-dka-bantu-menentukan-obat-diabetes-penolongnya/