TOP 3 OBAT HERBAL UNTUK DIABETES YANG MUDAH DAN AMPUH KONTROL GULA DARAH

Obat herbal untuk diabetes

Menemukan dan memilih obat herbal untuk diabetes sepertinya masih menjadi favorit masyarakat saat ini karena tingkat resikonya yang lebih kecil. Dari banyak pilihan tersebut beberapa jenis obat herbal untuk diabetes bahkan bisa ditemukan dan dibuat sendiri di rumah. Dalam artikel ini akan dijelaskan 3 teratas obat herbal untuk diabetes yang bisa dengan mudah dan ampuh untuk mengontrol kadar gula darah.

 

Pare

obat herbal untuk diabetes

Semua orang pasti mengenal pare. Tanaman yang pahit ini ternyata banyak membatu dalam mengontrol diabetes karena kemampuannya menurunkan glukosa darah. Pare bahkan efektif untuk mempengaruhi metabolisme glukosa di tubuh, bukan hanya pada organ-organ tertentu saja.

Mengonsumsi pare membantu meningkatkan pengeluaran insulin dari pankreas dan mencegah resistensi insulin. Maka dari itu pare sangat bermanfaat baik untuk pasien diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Meskipun pare tidak bisa digunakan untuk mengganti pengobatan dengan insulin. Peran pare hanya sebagai obat herbal untuk diabetes pendamping insulin.

Cobalah meminum jus pare setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Cara membuatnya, pertama-tama bersihkan dua sampai tiga buah pare dari bijinua dan gunakan juicer untuk mengambil ekstrak sari-sarinya. Tambahkan sedikit air lalu minum. Ikuti cara ini setiap hari selama kurang lebih dua bulan untuk hasil yang maksimal. Tambahkan pula sayur pare dalam menu diet untuk lebih lengkapnya.

Kayu manis

obat herbal untuk diabetes

Bubuk kayu manis memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah dengan cara menstimulasi aktifitas insulin. Dalam kayu manis terkandung komponen bioaktif yang membantu mencegah dan melawan diabetes. Beberapa penelitian telah membuktikan bagaimana kayu manis merupakan pilihan tepat untuk mengatasi masalah diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol.

Meski disebut sebagai obat herbal untuk diabetes, kayu manis tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kayu manis Cassia yang banyak dijual di supermarket mengandung coumarin. Coumarin adalah zat racun yang meningkatkan resiko kerusakan liver. Untuk kayu manis yang aman digunakan adalah kayu manis jenis Ceylon.

Kayu manis dapat digunakan dalam berbagai bentuk. Digunakan dalam campuran teh, diseduh dengan air hangat, atau dijadikan pelengkap pada makanan penutup.

Fenugreek

obat herbal untuk diabetes

Fenugreek adalah herbal yang membantu mengontrol gula darah, meningkatkan toleransi glukosa, dan menurunkan kadar gula darah akibat hypoglikemik. Kandungan dalam fenugreek juga menstimulasi pengeluaran insulin. Kandungan seratnya yang tinggi juga memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam darah.

Cara konsumsinya, rendam dua sendok makan fenugreek dalam air semalaman. Minum air tersebut keesokan harinya dalam keadaan perut kosong. Ikuti langkah ini setiap hari untuk menurunkan kadar glukosa.

Sumber: top10homeremedies.com

 

Baca juga: https://yakon.co.id/tips-tips-menurunkan-kadar-gula-darah-dengan-cepat-selain-dengan-obat-diabetes/